Lanal Ranai Tembak Drum-drum Mengapung di Pesisir Laut Natuna

Lanal Ranai Tembak Drum-drum Mengapung di Pesisir Laut Natuna

Prajurit Lanal Ranai menembak sasaran di laut (Foto: ist)

Natuna, Batamnews - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, menggunakan KAL Sengiap, KAL Pulau Bunguran, Combat Boat dan Sea Rider menembak target di pesisir Laut Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (31/5/2022).

Target sasaran dalam penyerangan itu adalah drum-drum mengapung di laut yang diberi tanda bendera. Para perajurit yang berada di kapal dalam kondisi sedang melaju itu pun dengan sigap menembak target.

Ternyata, serangan terhadap drum di laut tersebut merupakan bagian dari Latihan TW-II Lanal Ranai, untuk meningkatkan profesionalisme yang harus dimiliki prajuritnya dalam menembak sasaran.

Senjata yang digunakan dalam latihan antara lain Meriam Oerlikon 20 mm jarak sasaran 2 mil, Mitraliur 12,7 mm jarak sasaran 1 mil, senjata SS 77 optional 7,62 mm jarak sasaran 700 yard sedangkan senjata AK-47 7,62 mm jarak sasaran 100 yard.

Baca juga: Pulau Penyengat dan Kampung Bugis Jadi Fokus Serbuan Teritorial Lantamal IV

Latihan menembak yang dilaksanakan Lanal Ranai merupakan salah satu prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI AL yang unggul.

Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I yang turut hadir diatas KAL Pulau Bunguran mengatakan bahwa kegiatan latihan menembak di laut ini melibatkan 4 unsur yaitu, KAL Pulau Bunguran, KAL Sengiap, Combat Boat Catamaran dan Sea Rider.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk menguji kemampuan Personel Lanal Ranai dalam hal pengawak persenjataan baik di kapal maupun perorangan yang dilaksanakan secara berkala setahun sekali.

“Harapan kedepan prajurit Lanal Ranai dapat menjadi prajurit profesional, andal, mampu mengawaki persenjataan dan tanggung jawab terhadap kepercayaan yang diberikan negara oleh kita,” ujar Danlanal.

(Yan)