Jutaan Nyamuk Mutan Bakal Dilepaskan AS, Ini Alasannya

Jutaan Nyamuk Mutan Bakal Dilepaskan AS, Ini Alasannya

Ilustrasi Nyamuk (Image by mika mamy from Pixabay)

Jakarta, Batamnews - Lebih dari dua juta nyamuk mutan disiapkan untuk dilepaskan di Amerika Serikat (AS). Langkah tersebut merupakan upaya memerangi penularan penyakit seperti Zika, demam berdarah, dan cacing jantung anjing.

Ini berasal dari nyamuk yang dimodifikasi secara genetik di Florida dan California, yang berasal dari perusahaan biotek Inggris, Oxitec. Sebelumnya perusahaan yang sama juga telah melakukan pelepasan 144 ribu nyamuk tahun lalu.

Baca juga: Hasil Penelitian Ungkap Warna Pakaian Orang yang Disukai Nyamuk

Sementara itu Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) menyetujui pelepasan 2,4 juta nyamuk dan telur jantan dewasa. Semuanya dimodifikasi secara genetik di Monroe County Florida dan Stanislaus, Fresno, Tulare, serta San Bernardino di California.

Pelepasan itu bisa dilakukan pada area seluas 34.760 hektar pada dua negara bagian, dari sekarang hingga 30 April 2024 saat eksperimen berakhir.

Oxitec menjelaskan nyamuk jantan dimodifikasi genetik, lalu menemukan dan kawin dengan nyamuk aedes aegypti betina. Dengan begitu memediasi pengurangan populasi target karena keturunan betina dari pertemuan tersebut tidak bisa bertahan hidup, dan akan mengurangi populasi secara keseluruhan.

"Mengingat meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan nyamuk di seluruh AS, kami berupaya membuat teknologi ini tersedia dan bisa diakses," ungkap CEO Oxitec, Gray Frandsen, dikutip dari NBC News, Rabu (30/3/2022).

Setelah mengantongi persetujuan dari Badan Perlindungan Lingkungan, Frandsen mengatakan pihaknya mengajukan izin dari regulator California dan Florida.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Bentol dan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Sebagai informasi, Oxitec mengatakan di Florida nyamuk Aedes Aegypti relatif jarang. Namun menjadi penyebab sebagian besar penyakit yang ditularkan nyamuk. Sementara untuk California, spesies invasif pertama kali terdeteksi pada 2013.

"Kami membuat kemajuan signifikan selama proyek percontohan tahun lalu, kami berharap bisa melanjutkan pekerjaan penting selama musim nyamuk tahun ini," ujar direktur pengendalian nyamuk Florida Keys, Andrea Leal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews