5 Cara Mudah Mengatasi Bentol dan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

5 Cara Mudah Mengatasi Bentol dan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Jakarta, Batamnews - Gigitan nyamuk sering kali menimbulkan rasa gatal. Selain itu, tak jarang gigitan tersebut juga meninggalkan bentol yang membekas di kulit.

Namun Anda jangan bingung. Ada beberapa tips mengatasi bentol yang gatal gara-gara digigit nyamuk. Berikut caranya:

1. Usap alkohol

Bila di dekat kamu tersedia alkohol medis, gunakan bersama kapas atau tisu bersih untuk mengusap bentol. Ini akan membantu menurunkan risiko infeksi bila ada luka pada kulit dan efek alkohol yang dingin bisa meredakan rasa gatal.

Hanya saja hati-hati jangan berlebihan menggunakan alkohol ini karena bisa malah mengiritasi kulit.

2. Madu

Olesan madu pada bentol juga diklaim bisa membantu meredakan bentol yang membandel. Sifat antiseptik dan antiradang pada madu dapat mencegah infeksi sekaligus meredakan gatal.

3. Losion oatmeal

Krim losion rumahan dengan bahan oatmeal bisa jadi solusi alternatif untuk meredakan reaksi alergi karena gigitan nyamuk pada kulit. Cukup campur oatmeal dengan air hangat lalu tempelkan pada area yang gatal.

Bila dibutuhkan, ramuan losion ini juga bisa ditambah dengan madu.

4. Kompres teh

Kantong daun teh bisa digunakan sebagai kompres untuk meredakan bentol yang gatal. Ini karena teh diketahui memiliki sifat antiradang.

Gunakan kantong daun teh yang sudah dicelup ke air dingin atau freezer pada bentol selama beberapa menit.

5. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan obat mujarab untuk berbagai kondisi kulit, tak terkecuali bentol karena gigitan nyamuk. Sifat antiradang pada lidah buaya dapat membantu meredakan bentol.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews