2 Hektare Lahan di Bintan Ludes dalam Sepekan Akibat Karhutla

2 Hektare Lahan di Bintan Ludes dalam Sepekan Akibat Karhutla

Ilustrasi

Bintan, Batamnews - Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), terus dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama sepekan terakhir. Diduga kuat bencana itu terjadi karena faktor sengaja yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengaku karhutla telah tiga kali terjadi dalam sepekan ini. Lokasi karhutla itu semuanya berada di wilayah Kecamatan Bintan Timur.

"Ada tiga kali karhutla di Kecamatan Bintan Timur. Dalam bencana itu meludeskan 2 hektare (Ha) lahan," ujar Roby, kemarin.

Baca juga: Karhutla di Natuna Jadi Langganan Saat Kemarau

Agar masalah karhutla ini tidak berkepanjangan dan dapat segera teratasi. Pemkab Bintan meminta bantuan ke pihak TNI/Polri untuk menuntaskan hal tersebut. Kemudian dapat kembali memberi kenyaman di lingkungan masyarakat.

Selain itu juga dia mengiimbau kepada masyarakat. Di musim pancaroba saat ini untuk selalu berhati-hati terhadap maraknya karhutla. Kemudian masyarakat juga harus mengambil peran, dan selalu sigap melaporkan pada pihak berwajib. Begitu juga lurah dan camat untuk proaktif menyampaikan masalah ini.

Sementara itu, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan bahwa saat ini sudah beberapa kali terjadinya karhutla. Meskipun belum diketahui penyebabnya dan juga tidak ada korban jiwa namun menimbulkan kerugian negara serta membahayakan jiwa dan materi.

"Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus berperan aktif memberikan himbauan kepada masyarakat agar membuka lahan tidak dengan cara membakar," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews