Bupati Roby Persiapkan Bintan Jadi Sentra Tanaman Sorgum di Indonesia

Bupati Roby Persiapkan Bintan Jadi Sentra Tanaman Sorgum di Indonesia

Bupati Bintan Roby Kurniawan ikut panen sorgum (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), akan menyediakan lahan seluas 100 Hektare (Ha) untuk mengembangkan sorgum. Tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan.

Sorgum juga berada pada urutan ke 5 di Indonesia setelah gandum, jagung, padi dan jelai.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, untuk awal tahun ini dilakukan panen sorgum diatas lahan seluas 1 Ha yang berada di Jalan Lama Km 24, Kelurahan Toapaya.

Baca juga: Bintan Tanam 10 Hektare Sorgum di Dua Kecamatan

Dalam panen itu menghasilkan minimal sebanyak 3 ton sorgum dan hasil produk olahan dari sorgum itu direncanakan segera diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Tentu kita sangat apresiasi petani sorgum dan kita sangat yakin bahwa pemasaran produk sorgum ini terbuka luas bagi mancanegara," ujar Roby usai panen, Minggu (16/1/2022).

Tanaman sorgum memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan pastinya sangat menguntungkan bagi petani. Sorgum tidak hanya sekedar buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, tetapi juga batangnya juga bisa diolah menjadi berbagai produk kue kering, kue basah, minuman, dan produk lainnya yang kaya manfaat.

Baca juga: Pemkab Bintan Siapkan Lahan 8 Hektare Tanam Sorgum

Melihat potensi ini Pemkab Bintan menargetkan bahwa wilayahnya dapat menjadi sentra atau surga bagi tanaman sorgum di Indonesia.

"Pengembangan pertanian sorgum ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam menjadikan Bintan sebagai daerah sentra sorgum, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani di daerah," jelasnya.

Untuk merealisasikan target itu, kata pria kelahiran Tanjungpinang 3 Juni 1993 itu, Pemkab Bintan telah menggarap lahan seluas 20 Ha hanya untuk mengembangkan pembenihan sorgum. Jika pembenihan ini berhasil maka akan disemai diatas lahan seluas 100 Ha.

"Saat ini sedang mengembangkan pembenihan bibit tanaman sorgum. Nantinya akan ditanam sorgum itu di lahan seluas 100 Ha. Lalu dikembangkan lagi yang lebih luas, dengan begitu Bintan surganya sorgum bisa tercapai," pungkas Roby.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews