Dua Desa di Bintan Kini Punya Gedung Lumbung Pangan

Dua Desa di Bintan Kini Punya Gedung Lumbung Pangan

Sekda Bintan, Adi Prihantara meresmikan gedung lumpung pangan dua desa di Bintan (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menghadirkan dua lumbung pangan untuk Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya dan Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan.

Pengoperasian lumbung pangan itu diserahkan secara langsung oleh Sekda Bintan, Adi Prihantara kepada pihak pengelola lumbung pangan yaitu, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agri Bangun Jaya dan Gapoktan Mitra Bahari, Rabu (12/1/2022).

Sekda mengatakan, lumbung pangan masyarakat merupakan kegiatan pengembangan cadangan pangan dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan masyarakat terhadap kerentanan atau kerawanan pangan.

Baca juga: Pemkab Bintan Jauh-jauh Datangkan Konsultan Desa dari Klaten Jawa Tengah

"Ini sebagai lanjutan dari upaya stabilitas ketersediaan pangan di Bintan," ujar Adi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan, Khairul mengaku sudah beberapa lokasi di Kabupaten Bintan memiliki lumbung pangan.

Seperti di Poyotomo sebagai contoh lumbung di wilayah produksi dan Desa Dendun sebagai contoh lumbung pangan bagi daerah yang dikhawatirkan rentan ketersediaan pangan.

"Selain ketersediaan pangan yang stabil, kehadiran lumbung pangan diharapkan bisa menekan harga pangan itu sendiri. Bahkan kalau bisa, kumpulkan semua produksi pangan yang ada di lumbung ini untuk dikelola oleh gapoktan baru kemudian didistribusikan ke pasar," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews