Bupati Roby: Vaksin Booster Ampuh Lawan Varian Baru Covid-19

Bupati Roby: Vaksin Booster Ampuh Lawan Varian Baru Covid-19

Bupati Roby memantau booster vaksin Covid-19 (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Suntikan booster atau dosis ketiga vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), resmi dilakukan, Kamis (13/1/2022). Kegiatan dipusatkan di RSUD Bintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur. 

“Untuk Kabupaten Bintan, resmi dimulai di RSUD Kabupaten Bintan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bintan, Roby Kurniawan usai agenda Launching Vaksinasi Booster di RSUD Bintan.

Untuk tahap awal, vaksinasi dosis ketiga ini rencananya terlebih dahulu akan menyasar para warga lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan lainnya. Mereka disuntik dengan vaksin Pfizer atau Moderna. Selanjutnya vaksin booster tersebut akan dilaksanakan di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bintan. 

Baca juga: Legislator Kepri Dorong Sekolah Tatap Muka Buka 100 Persen

Pelaksanaan penyuntikan vaksin booster ini untuk memperkuat kembali kekebalan atau daya tahan tubuh masyarakat. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka dapat menangkal penyebaran virus Covid-19 baik yang varian lama maupun varian baru.

"Vaksin ini dapat menangkal Covid-19 varian baru. Semoga pelayanan yang kita berikan ini bermanfaat bagi masyarakat Bintan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, untuk vaksinasi booster yang diberikan Pemprov Kepri ke Bintan sebanyak 300 vial. Targetnya dari jumlah tersebut mampu menyasar 1.000 hingga 1.500 jiwa.

Baca juga: Vaksinasi Anak di Bintan Sentuh Angka 65 Persen, Target Selesai Akhir Januari

"Untuk tahap awal ini 300 vial. Namun akan ada tambahan lagi untuk selanjutnya," sebut Gama.

Penerima vaksinasi dosis ke tiga ini berusia diatas 18 tahun ke atas. Kemudian juga sudah disuntik vaksin dosis ke satu dan dua serta berjarak 6 bulan dari masa vaksinasi terakhir. Vaksin booster ini tidak dipungut biaya alias masih gratis.

"Bagi yang sudah disuntik vaksin dosis kedua pada Juni 2021 lalu sudah bisa terima vaksin booster ini," pungkasnya.

(ary)