Jangan Pernah Cuci Ayam Mentah Sebelum Dimasak

Jangan Pernah Cuci Ayam Mentah Sebelum Dimasak

Ilustrasi daging ayam.

Jakarta - Mencuci bahan makanan memang sangat penting, terutama sebelum dimasak ataupun dikonsumsi. Namun, hal ini tak berlaku bagi ayam yang akan dimasak.

Dilansir dari Readers Digest, mencuci ayam justru bisa meningkatkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang. Tak bisa dimungkiri, ayam mentah penuh bakteri, seperti Campylobacter atau Salmonella. Tapi percayalah mencucinya dengan air tidak membantu mengurangi bakteri ini.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, mencuci ayam justru memperburuk penyebaran bakteri karena air mengalir dan memercik dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel, meja, bahkan pakaian Anda.

Dilansir dari NHS, mencuci ayam mentah juga bisa meningkatkan risiko keracunan makanan yang berasal dari bakteri Campylobacter yang terbawa percikan air saat membersihkan ayam. Hanya beberapa sel Campylobacter yang diperlukan untuk menyebabkan keracunan makanan.

Keracunan Campylobacter dapat menyebabkan sakit perut, diare parah, dan terkadang muntah antara 2 dan 5 hari. Tak sedikit yang juga mengalami sindrom iritasi usus, artritis reaktif, dan sindrom Guillain-Barré.

Alih-alih mencuci ayam, berikut hal-hal yang bisa dilakukan agar bakteri Campylobacter pada ayam tidak sebabkan keracunan.

1. Tutup dan dinginkan ayam mentah

Tutup ayam mentah, simpan di lemari es sebelum dimasak.

2. Cuci semua peralatan

Jika Anda memotong ayam menggunakan pisau dan talenan, cucilah dengan bersih semua alat ini. Anda juga harus mencuci tangan dengan sabun dan air hangat setelah memegang ayam mentah. Ini membantu menghentikan penyebaran Campylobacter.

3. Masak ayam hingga matang

Pastikan ayam mengepul panas sepenuhnya sebelum disajikan. Anda harus memasak ayam hingga benar-benar matang.