5 Manfaat Sehat dan Efek Samping Konsumsi Petai

5 Manfaat Sehat dan Efek Samping Konsumsi Petai

Petai.

Jakarta, Batamnews - Pete menjadi makanan yang umum ditemui di Indonesia. Biasa dikonsumsi sebagai lalapan bersama sambal.

Pete atau petai merupakan makanan dari golongan biji-bijian yang biasa dikonsumsi orang Indonesia. Banyak juga yang menganggap pete sebagai makanan esktrem karena menimbulkan aroma tak sedap.

Walaupun begitu petai banyak penggemarnya. Biasanya mereka menikmati pete untuk dijadikan lalapan dan disantap bersama sambal. Di Indonesia, pete juga biasa dicampurkan ke nasi goreng, sayur, dan olahan lauk lainnya.

Namun tahu kah Anda kalau pete menyimpan beragam nutrisi yang dapat memberikan manfaat pada tubuh? Selain manfaatnya ada juga efek samping makan petai yang perlu diketahui.

Baca juga: Es Krim Unik dari Malaysia Sajikan Rasa Petai, Tertarik Coba?

Dilansir dari Awakening State (24/11/2021), berikut manfaat dan efek samping makan petai.

1. Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan sangat penting untuk dijaga. Karena, usus menjadi salah satu organ yang berperan penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh.

Oleh karena itu pentingnya mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dalam sehari-hari. Serat yang tinggi ini biasanya ditemukan pada sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pete juga salah satu biji yang mengandung serat tinggi.

Kamu bisa mengonsumsi pete sebagai alternatif asupan serat harian. Jadikan lalapan bersama sayuran berserat lainnya, seperti bayam.

 

2. Kesetan Ginjal

Dalam tubuh manusia, ginjal berperan dalam membersihkan darah dari zat-zat yang tak berguna. Kamu perlu menjaganya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Bisa dengan mengonsumsi potasium, zat mineral yang dapat meningkatkan keseharan ginjal. Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat di dalam pete adalah potasium. Sehingga mengonsumsi pete bisa memberikan manfaat dalam mengurangi risiko batu ginjal.

3. Kesehatan Mental

Pete juga memiliki kandungan triptofan. Salah satu manfaat dari kandungan zat triptofan adalah dapat membuat mood seseorang jadi lebih baik dan merasakan bahagia.

Oleh karenanya, kamu bisa mengonsumsi pete saat sedang merasakan sedih. Bisa juga kamu konsumsi secara rutin agar dapay menjaga kesehatan mental.

Baca juga: Khasiat Terapi Petai untuk Penderita Asam Urat

4. Diabetes Tipe-2

Diabates tipe-2 merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan karena lonjakan gula darah seseorang. Orang yang mengalami penyakit ini dikarena terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Kalau tak ingin kondisinya lebih parah, kamu harus memantang apa yang kamu konsumsi. Tak lagi menyantap aneka jenis dessert maupun minuman yang mengandung banyak gula.

Kamu bisa mengonsumsi pete untuk menstabilkan kadar gula darah. Caranya dengan mengolahnya menjadi jus. Walaupun meninggalkan aroma yang tak sedap, namun bisa dicoba untuk merasakan manfaatnya.

5. Efek Makan Petai

Walaupun memiliki beragam manfaat yang penting untuk tubuh, namun pete juga memiliki efek samping bagi peminatnya. Bukan hanya menimbulkan aroma tak sedap pada area mulut, melainkan juga di kloset.

Aroma tak sedap akan bertahan cukup lama di kloset atau toilet. Bisa 2-3 hari kalau mengonsumsi pete dalam porsi banyak. Hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan untuk sebagian orang.

(ruz)