Polres Bintan Patroli Besar-besaran Jelang Pemilihan Kades

Polres Bintan Patroli Besar-besaran Jelang Pemilihan Kades

Polres Bintan menggelar patroli jelang Pilkades.

Bintan, Batamnews - Sehari sebelum pencoblosan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Polres Bintan melaksanakan patroli skala besar, Senin (22/11/2021) malam.

Patroli diawali Apel Rayonisasi yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi di Mako Polres Bintan.

Ada tiga desa yang melaksanakan Pilkades, Selasa (23/11/2021). Dua diantaranya pemilihan langsung yaitu Desa Malang Rapat dan Desa Dendun. Sedangkan satu desa lagi Pergantian Antara Waktu (PAW) dengan cara musyawarah mufakat.

"Patroli tersebut untuk menjamin kamtibmas agar tetap kondusif. Dimulai dari hari ini hingga esok hari pencoblosan," ujar Monang.

Baca juga: Dana Pilkades di Tiga Desa Bintan Pakai APBD dan ADD

Kegiatan patroli skala besar di wilayah rayon masing-masing untuk mencegah terjadinya kecurangan dan hal-hal yang melanggar dengan ketentuan pilkades.

Patroli tersebut menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Difokuskan pada segala jenis kegiatan kerawanan yang dapat mengakibatkan gangguan kamtibmas seperti orang-orang yang berkumpul mengkonsumsi miras, sajam dan narkoba serta hal-hal lain yang dapat terganggunya kamtibmas.

"Berbagai hal harus diantisipasi agar pada saat pelaksanaannya nanti situasi di Bintan tetap kondusif," tambahnya lagi.

Dalam pelaksanaan giat patroli tersebut juga dilakukan pengecekan TPS Pilkades, pengecekan tempat penyimpanan kotak/surat suara. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa Pilkades tetap berjalan sesuai dengan prosedur.

Baca juga: Pilkades Serentak 2 Desa di Bintan, Cek Jumlah DPT-nya

"Kita sekaligus melakukan pemeriksaan kesiapan anggota yang melakukan pengamanan Pilkades," jelasnya.

Selain pengamanan Pilkades, saat ini juga Polres Bintan sedang melaksanakan Operasi Zebra. Diminta rekan-rekan khususnya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) melaksanakan kegiatan-kegiatan pemeriksaan kelengkapan kendaraan. Lalu berikan teguran serta himbauan.

"Saat ini juga masih dalam rangka Operasi Zebra. Jadi tolong rekan-rekan menjadi contoh kepada masyarakat untuk melengkapi kendaraan dan tertib dalam berkendara dan jangan sampai kita anggota Polres Bintan ada yang melanggar tertib berlalu lintas," katanya.

Dalam operasi pengamanan Pilkades maupun Operasi Zebra diminta semua anggota tetap selalu memakai masker dan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi Protkes. Karena pandemi covid-19 ini belum hilang.

(ary)