300 Pesepeda Meriahkan `Tropical Ride` di Bintan

300 Pesepeda Meriahkan `Tropical Ride` di Bintan

Event olahraga balap sepeda kembali hadir di Kabupaten Bintan (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Event olahraga balap sepeda kembali hadir di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), setelah sebelumnya sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut diikuti 300 pesepeda dari berbagai wilayah.

Event yang digelar PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi ini, dilaksanakan Sabtu (20/11/2021). Kompetisi ini dibagi 2 kategori. Yaitu kategori Fun Ride dengan rute 15 Km dan kategori Challange Ride dengan rute 25 Km.

Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab, mengatakan Tropical Ride merupakan event yang perdana digelar pada tahun ini. Meskipun baru, banyak peserta yang sangat antusias untuk mengikutinya. Mereka berasal dari berbagai komunitas sepeda di Pulau Bintan.

"Sebenarnya banyak yang ikut namun kita sesuaikan dengan apa yang direkomendasikan Satgas Covid-19 Bintan. Yaitu sesuai protokol kesehatan (prokes). Sehingga 300 peserta yang dapat mengikuti balap sepeda," ujar Wahab.*

*Event ini terlahir dari ide Buralimar yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kepri. Berawal dari Fun Bike kini berubah nama menjadi Tropical Ride. Karena sepanjang rute peserta akan disuguhkan dengan pemandangan yang lekat dengan nuansa keindahan alam tropis.

Lalu melewati beberapa lokasi resort, danau yang tenang, dan hutan yang asri serta udara yang segar dan menyehatkan.

 

"Ini akan menjadi pengalaman yang berbeda bagi pesepeda. Karena mereka melewati rute-rute yang menegangkan namun menyenangkan," jelasnya.

Sebelum berkompetisi, peserta terlebih dahulu melalui tahap pemeriksaan. Seperti wajib sudah menerima vaksin minimal 1 kali. Kemudian wajib memiliki hasil negatif tes Covid-19.

Sementara itu, Panitia Tropical Ride, Lidia mengatakan bahwa event ini tidak hanya mengajak masyarakat memahami akan pentingnya berolahraga. Namun juga ikut berperan serta membantu pelaku usaha atau UMKM.

"Jadi dengan mengikuti event ini para peserta membayar Rp 50 ribu per orang. Disitu peserta dapat voucher makanan yang dijual oleh pelaku UMKM lokal. Terus juga dapat voucher lucky draw dengan puluhan hadiah menarik," katanya.

Event ini menyediakan total hadiah sebesar Rp 35 juta untuk para peserta di 2 katagori tersebut. Hadiah itu terdiri dari uang tunai bagi juara 1, 2, dan 3. Kemudian hadiah menarik lainnya seperti door prize 1 unit sepeda Polygon Cascade 3 New, Mi Band 6, Tas Hp Rock Bross, Tas Handlebar, JBL Earphone, Tas Saddle Rock Bross, dan Vitamer Portable.

"Untuk juara dalam kategori 25 Km akan diumumkan esok hari. Begitu juga pembagian hadiahnya," pungkasnya.

(ary)