RS Awal Bros dan Klinik Medilab Batam Terapkan Tarif PCR Rp 300 Ribu

RS Awal Bros dan Klinik Medilab Batam Terapkan Tarif PCR Rp 300 Ribu

RS Awal Bros, Batam. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Sejumlah rumah sakit dan klinik di Batam terpantau sudah menyesuaikan tarif harga pemeriksaan PCR test. 

Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) misalnya, telah menurunkan harga tes PCR dari Rp 525 ribu menjadi hanya Rp 300 ribu. 

Hal ini sejalan dengan aturan SE Dirjen Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/1/3843/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan RT-PCR.

Dalam SE itu, disebutkan bahwa kini tarif tertinggi pemeriksaan PCR di klinik atau rumah sakit diturunkan menjadi Rp 275 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, dan Rp 300 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali.

"Mengikuti Surat Edaran yang dikeluarkan pemerintah, RSAB secara serentak menyesuaikan harga tes PCR menjadi Rp 300 ribu tanpa mengurangi kualitas pelayanan," ujar Humas RSAB, Cynthia, ketika dihubungi, Jumat (29/10/2021).

Dikatakannya penyesuaian harga tes PCR ini merupakan bentuk dukungan dari RSAB untuk mengikuti program pemerintah.

Meski sudah turun harga, namun RSAB berupaya tetap menjaga kualitas pelayanannya dalam hal pemeriksaan tes PCR.  Layanan pemeriksaan PCR di RSAB dibuka setiap hari mulai pukul 8.00 WIB sampai 21.00 WIB, dengan hasil pemeriksaan maksimal keluar 1x24 jam.

Sementara itu, Klinik Medilab Sukajadi, Batam, sejak Kamis (28/10/2021) harga test PCR di sana juga sudah mengikuti aturan.

“Mulai kemarin, pemeriksaan swab RT-PCR sudah Rp 300 ribu,” ujar Direktur Klinik Medilab Batam, dr. Mariaman Tjendera saat dikonfirmasi.

Mariaman menjelaskan, meskipun harga diturunkan pelayanan saat menggunakan RT-PCR tetap maksimal.

“Hasil Swab RT-PCR lebih cepat keluar (<24 jam) dan tercatat di sistem NAR (New All Record) yang terkoneksi di aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat perjalanan,” ungkapnya.

Untuk jadwalnya setiap hari, namun jika ingin hasilnya keluar hari itu juga, maka harus melakukan test PCR sebelum pukul 10.00 Wib. Hasil test akan keluar terakhir pada pukul 15.00 Wib.

“Pengambilan sampel di atas pukul 10.00 Wib untuk keperluan penerbangan atau permintaan cetak hasil, hard copy dapat diambil keesokan harinya pukul 08.30 Wib,” ucap Mariaman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews