Warga Meranti Sudah Bisa Berobat Gratis, Cukup Bawa KTP

Warga Meranti Sudah Bisa Berobat Gratis, Cukup Bawa KTP

Bupati Muhammad Adil beserta jajaran melakukan peninjauan pelayanan kesehatan di RSUD Meranti. (Foto: Juna/batamnews)

Meranti, Batamnews - Warga Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau kini bisa mengakses layanan kesehatan secara gratis di RSUD maupun puskesmas mulai Senin (2/8/2021), cukup berbekal KTP.

Hal ini merupakan perwujudan dari 7 program strategis Bupati dan Wakil Bupati Meranti dalam upaya meningkatkan pelayan kesehatan kepada masyarakat.

Bupati Meranti Muhammad Adil mencoba berobat di RSUD dengan mendaftar menggunakan KTP. Selanjutnya data pasien diinput oleh petugas pendaftaran sesuai dengan keluhan dan layanan yang ingin didapat.

Tak lama berselang, sekitar kurang lebih 1 menitan, proses pendaftaran selesai. Nanti pasien langsung dibawa menuju ruang perawatan untuk dilakukan check-up kesehatan.

Terkait proses pendaftaran pasien, dijelaskan oleh Plt Direktur RSUD Meranti, Fajar Triasmoko bahwa pihaknya menggunakan sistem IT yang memudahkan pasien atau masyarakat dalam mendaftar.

"Untuk proses pendaftaran, selain mudah juga tak memakan waktu lama. Cukup 1 menit saja udah selesai," akunya.

Proses cepat ini sesuai dengan keinginan Bupati yang meminta seluruh tahapan pendaftaran pasien di RSUD maupun Puskesmas harus memanfaatkan IT. Di samping cepat juga dapat menghemat kertas yang selama ini digunakan untuk pemberkasan.

"Kita mau untuk proses pendaftaran pasien tidak menggunakan kertas lagi, tapi cukup di input melalui komputer. Selain cepat juga hemat biaya kertas," ucap Fajar.

Baca: Mulai 1 Agustus 2021, Berobat di RSUD Meranti Cukup Bawa KTP

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr Misri Hasanto mengaku telah melakukan persiapan jauh hari, mulai dari menjalin koordinasi dengan pihak BPJS hingga seluruh Kepala UPT puskesmas.

"Bahkan kami telah melakukan simulasi diseluruh puskesmas dengan menjalankan aplikasi berobat cukup dengan input data KTP," jelas Misri.

Lalu bagi mayarakat yang ingin berobat dengan kasus gawat darurat, UGD langsung melayani. Tak perlu bawa KTP atau yang lain sebagainya.

"KTP serta surat rujukannya boleh menyusul kemudian," pungkasnya.

Saat ini, untuk pelayanan berobat gratis di puskesmas masih menggunakan splikasi Primary Care (P-Care) BPJS. Sementara RSUD Meranti telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). 

Ke depannya, kedua aplikasi ini akan disinkronkan sehingga proses pendaftaran dan rujukan pasien dapat lebih mudah dan cepat. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews