Pedagang Pasar dan Foodcourt Tiban Center Protes Penyekatan Jalan

Pedagang Pasar dan Foodcourt Tiban Center Protes Penyekatan Jalan

Unjuk rasa pedagang pasar dan foodcourt di Tiban Center. (Foto: Edo/Batamnews)

Batam, Batamnews - Unjuk rasa dilakukan puluhan pedagang foodcourt di Tiban Center, Sekupang, Kota Batam, Rabu (14/7/2021). Mereka protes penyekatan jalan dalam penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Aksi dilakukan di simpang tiga, lokasi pos penyekatan Jl Gajah Mada, Tiban Center. Para pedagang menganggap penutupan akses jalan menyusahkan rakyat, khususnya pedagang.

Baca juga: Warga Terdampak PPKM Darurat di Tanjungpinang Dapat Bantuan Nasi Bungkus

Mereka protes akses di titik penyekatan itu dibuka. Para pembeli, menurut mereka rata-rata warga Tiban, kesulitan untuk berbelanja ke pasar, sebab jalan ditutup.

"Pembeli kita di pasar, kebanyakan adalah warga perumahan di sekitar, yang akses jalannya ditutup. Kalau dari jalan depan (protokol) itu kan sulit," kata seorang pedagang di pasar Tiban Centre, Boni.

Imbas dari penyekatan jalan di Tiban Centre itu, juga berdampak kepada pedagang foodcourt.

Meskipun telah menerapkan sistem penjualan take away, tidak banyak yang berbelanja. Bahkan ada yang tidak bisa jual beli dalam satu hari.

Yang lebih memprihatinkan adalah pedagang yang jam operasinya pada sore hingga malam hari. Mereka harus tutup setelah jam malam diberlakukan pukul 20.00 WIB.

Oleh karena itu, mereka meminta untuk akses atau jalan masuk ke Tiban Centre untuk dibuka atau dipermudah.

"Tidak ada pembeli di warung saya, padahal bukanya sore dan diminta tutup jam 8 malam. Dua hari ini saya seperti bakar uang saja untuk belanja bahan," ucap Yanti.

Penyekatan yang dilakukan, juga membuat minim orderan di aplikasi online. 

Baca juga: PPKM Darurat Bikin Susah Warga, Hanafi Ekra Minta Pemprov Evaluasi

"Saya pernah tanya ke driver juga mas, mereka juga rada sulit mau masuk (titik penyekatan) kalau ada orderan di Foodcourt," ucapnya.

Untuk diketahui, penyekatan di tiga titik akses masuk diantaranya, Simpang Tiga Tiban Center, Simpang Tiban McDermott, dan hanya membuka satu akses masuk dari arah Jalan Gajah Mada.

 

Baca:

Feri Rute Tanjungpinang-Lingga Stop Operasi Imbas PPKM Darurat

Terungkap Alasan Petugas Periksa Kartu Vaksin Saat PPKM Darurat di Batam

PPKM Mikro di Natuna, Warga Wajib Tahu 6 Hal Ini

Wali Kota Batam Rudi Cemas PPKM Darurat Jadi 6 Pekan

(aha)