Feri Rute Tanjungpinang-Lingga Stop Operasi Imbas PPKM Darurat

Feri Rute Tanjungpinang-Lingga Stop Operasi Imbas PPKM Darurat

Sejumlah kapal feri Tanjungpinang-Lingga stop operasi (Foto:ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Kapal feri tujuan Dabo Singkep, Lingga, Senayang dan Tanjung Batu yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang untuk sementara tidak beroperasi, dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Petugas Keselamatan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Marta Wilaya menjelaskan, dengan penerapan PPKM Darurat, penumpang yang hendak pergi hanya dengan keperluan penting.

"Pengurangan kapal tidak ada, tapi kapal baru berangkat jika jumlah penumpang sudah cukup untuk satu kali perjalanan," kata Marta kepada Batamnews, Selasa (13/7/2021)

Baca juga: Penumpang Feri Wajib Rapid Test Antigen di Pelabuhan Tanjungpinang

Dijelaskannya, hingga siang baru satu kapal yang berangkat dari SBP ke Batam, padahal saat hari biasa dengan waktu yang sama sudah tiga kapal berangkat. Artinya saat ini dengan PPKM Darurat penumpang sangat sepi.

"Biasa kapal berangkat jam 07.30, 09.00 dan 10.00, sekarang baru satu kapal yang berangkat," ujarnya.

Sementara untuk kapal tujuan pulau banyak yang tidak beroperasi, seperti kapal ke Dabo Singkep, Lingga, Senayang dan Tanjung Batu. Sementara untuk ke Karimun, kapal masih berangkat satu kali.

"Ke Karimun ada berangkat biasanya pukul 13.00 WIB, sekarang mereka tak operasi karena penumpang sedikit," tuturnya.

Marta mengaku tidak bisa memaksa pihak kapal untuk berangkat ke semua pulau, karena dengan sedikitnya penumpang operator kapal tidak bisa menutupi biaya operasional.

"Kita tidak bisa memaksakan kapal untuk jalan, mobilitas warga sudah jauh berkurang," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews