Sekda Meranti Ungkap Cara Atasi Masalah Distribusi Produk saat Pandemi

Sekda Meranti Ungkap Cara Atasi Masalah Distribusi Produk saat Pandemi

Sekda Meranti, Dr H Kamsol saat menghadiri kegiatan pelatihan kewirausahaan bidang agro di Ballroom Grand Meranti Hotel.

Meranti, Batamnews - Pendistribusian produk UMKM di tengah pandemi Covid-19 cukup menyulitkan. Namun banyak cara yang dapat memecah permasalahan tersebut.

Seperti yang dikatakan Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Dr H Kamsol. Katanya, di era teknologi dan informasi saat ini, masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan media sosial dan lain sebagainya.

"Sekarang rata-rata kita punya Smartphone. Medsos kita semua pasti punya, jadi gunakan dengan baik. Banyak juga sekarang aplikasi yang mempermudah kita untuk proses pendistribusian," tutur Kamsol, saat menghadiri kegiatan pelatihan kewirausahaan bidang agro di Ballroom Grand Meranti Hotel, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Kasatpol PP Helfandi Pilih Hengkang Setelah 12 Tahun Mengabdi di Meranti

Diakuinya, memang masalah terberat bagi pengusaha UMKM di Meranti ialah persoalan distribusi produk. Hal itu dikarenakan wilayah Meranti yang terdiri dari pulau-pulau, serta sulitnya akses.

Hal itulah yang menyebabkan tingginya biaya distribusi yang membuat para pengusaha kini kurang bersemangat lagi.

"Namun dengan memanfaatkan teknologi saat ini semua produk UMKM dapat dipromosikan dan menembus pasar lokal manapun di dunia," tuturnya.

Baca juga: Ekspor Komoditas Perkebunan di Meranti Alami Peningkatan

Sekretaris Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop-UKM) Meranti, Syahril menambahkan, pelaku UMKM khususnya di bidang agro harus mampu mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan media sosial.

Dengan begitu, pelaku usaha dapat tetap eksis dan terus bertahan di tengah pandemi Covid-19 dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Meranti.

"UMKM bidang agro ini paling perkasa dan tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Sebab produk agro merupakan salah satu kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Apalagi jika bisa memanfaatkan medsos dengan baik," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews