Caketum HIPMI Kepri Lisa Yulia Komitmen Ciptakan Pengusaha Baru

Caketum HIPMI Kepri Lisa Yulia Komitmen Ciptakan Pengusaha Baru

Lisa Yulia saat mengunjungi HIPMI Karimun.

Karimun, Batamnews - Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian dan BUMN di Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Kepri, Lisa Yulia, telah melakukan pendaftaran calon ketua umum (Caketum) HIPMI Kepri .

Komitmen Lisa maju dalam bursa Ketum BPD HIPMI kepri untuk menciptakan pengusaha muda baru untuk Kepri. Pengusaha wanita muda yang akrab dipanggil Ica ini mengatakan bahwa Kabupaten Karimun merupakan daerah kelima, dari 7 wilayah yang dijadwalkan untuk didatanginya.

“Alhamdulillah kita bersilaturahmi di Karimun. Tadi kita juga ngobrol dan berdiskusi permasalahan apa yang ada di daerah. Kemudian potensi dan peluang apa yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk kemajuan HIPMI Karimun,” kata Ica saat bersilaturahmi bersama HIPMI Karimun, Senin (14/6/2021).

Terpuruknya perekonomian dimana pandemi Covid-19, tidak membuat segelintir orang putus asa. Sehingga, masa pandemi yang memporak-porandakan berbagai lini itu, dapat dijadikan mereka sebagai suatu motivasi dan dapat bertahan maupun bangkit.

Bahkan wanita cantik Kelahiran Padang, Sumatera Barat itu pun merasakannya. Dia bangkit dan memulai bisnisnya sejak awal pandemi Covid-19 melanda. Namun, berkat kerja keras dan keyakinannya mampu menggeliat, bahkan perlahan menjadi perusahaan yang cukup eksis di bidang pelayaran.

Baca juga: Tiga Kandidat Bersaing Rebut Kursi Ketua BPD HIPMI Kepulauan Riau

Sehingga, ia pun mengajak pengusaha-pengusaha muda untuk tidak berdiam diri, melainkan menumbuhkan semangat dan terus berusaha.

"Dimasa pandemi ini, sudah saatnya yang muda untuk bangkit, ikut membantu memulihkan ekonomi, dengan usaha-usaha yang digeluti," sebutnya.

Lisa mengusung konsep amanah dan kolaboratif. Amanah, artinya dengan semangat persahabatan dan kekeluargaan akan berjuang sekuat tenaga untuk bergerak bersama memberdayakan pengusaha muda.

Sesuai tagline HIPMI ‘Pejuang Pengusaha, Pengusaha Pejuang`. Sehingga, dengan adanya semangat dari pengusaha, dia berkeyakinan bahwa ekonomi dapat kembali normal meskipun pandemi Covid-19 melanda.

Sedangkan kolaboratif, pengusaha muda kadang tak bisa bergerak sendiri-sendiri, saling bantu, saling memberdayakan.

 

"HIPMI Kepri harus menjadi pusat kolaborasi, center of collaboration, di mana semuanya akan membentuk ekosistem bisnis yang memperkuat daya saing ekonomi daerah. Kolaborasi antara pengusaha juga sangat berperan dan cukup bagus untuk meningkatkan usaha," jelasnya.

Jika diberikan kesempatan dan amanah untuk memimpin BPD HIPMI Kepri, ia ingin melalui HIPMI hadir pengusaha muda yang profesional, kuat, tangguh, kreatif, produktif, inovatif, berdaya saing dan menjadi mitra strategis pemerintah untuk menunjang pertumbuhan ekonomi. 

Lisa berharap, HIPMI harus memberikan solusi bagi pengusaha muda jika ada permasalahan. HIPMI harus menjadi jembatan solusi atas permasalahan yang dihadapi pengusaha muda untuk berkembang dan maju.

Dengan itu, HIPMI akan menjadi rumah bagi semua pengusaha muda. HIPMI akan mempertahankan jati dirinya sebagai organisasi terbuka yang membuka jalan bagi semua, mulai pengusaha tingkat mikro sampai pengusaha besar dengan adanya sektretariat di masing-masing daerah Kepri.

"Memulai usaha dan mengembangkan usaha sebenarnya dari kita sendiri, harus jeli dan dapat melihat setiap peluang. Dan jika bisa juga adanya kolaborasi untuk membangun pengusaha-pengusaha UMKM yang ada di kabupaten/kota di Kepri, dilakukan pelatihan dan mengedukasi. Sehingga pengusaha bisa upgrade skill untuk naik kelas dan jika adanya kendala dapat didiskusikan," ucapnya.

Baca juga: Sosok Lisa Yulia, Pengusaha Muda Calon Ketua Umum BPD HIPMI Kepulauan Riau

Kemudian, Gadis berdarah minang itu juga telah memikirkan berbagai cara untuk membantu pengusaha-pengusaha yang terdampak Covid-19, terutama yang bergerak di bidang UMKM.

Dengan memberikan pelatihan dan edukasi strategi bisnis. Sehingga, dengan kondisi adaptasi kebiasaan baru ini, dapat memanfaatkan berbagai hal yang bisa menjadi peluang dalam bisnis.

"HIPMI adalah persahabatan dan kekeluargaan," ucap Ica, sapaan akrabnya.

Lisa pun diakhir kata mengingatkan kembali marwah keberadaan HIPMI melahirkan dan menyatukan pengusaha muda agar bersinergi dan berkolaborasi membangun koneksi untuk melahirkan ide-ide usaha baru. Sehingga marwah tersebut harus tetap dijaga bagi setiap ketua yang memimpin HIPMI .

"Mendapat peluang berusaha dan peningkatan kapasitas usaha seluruh kader HIPMI harus jadi target setiap ketua dalam barometer prestasinya. Dimana golnya adalah bertambahnya persentase jumlah pengusaha muda yang siap bersaing," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews