Sosok Lisa Yulia, Pengusaha Muda Calon Ketua Umum BPD HIPMI Kepulauan Riau

Sosok Lisa Yulia, Pengusaha Muda Calon Ketua Umum BPD HIPMI Kepulauan Riau

Lisa Yulia saat menyerahkan formulir pendaftaran sebagai Caketum BPD HIPMI Kepri (Foto: Ist)

LISA Yulia akhirnya resmi mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kepulauan Riau.

Srikandi pengusaha muda Batam, menyerahkan formulir pendaftaran sebagai calon Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda (HIMPI) Provinsi Kepri pada Sabtu (5/6/2021).

"Saya siap memimpin HIPMI tiga tahun kedepan. Bagi saya ini pengabdian dan aktualisasi diri," ujar Lisa Yulia kepada Batamnews usai mendaftar.

Lisa dikenal sebagai pengusaha di bidang agen pelayaran di Batam.

Ia pemilik PT Pelayaran Kencana Global, perusahaan yang bergerak di bidang agen pelayaran. Ia juga salah satu kader HIPMI Kepulauan Riau dan menjabat sebagai salah satu pengurus.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran saya, bisa mendorong sahabat-sahabat pengusaha tetap siap menjalani usaha di saat situasi pandemi ini," ujar Lisa.

Lisa menyerahkan berkas pendaftaran Sekretariat Panitia Musda BPD HIPMI Kepri. Ia diterima panitia pendaftaran caketum HIPMI.

Lisa mengaku cukup lama berpikir untuk maju sebagai caketum. Ia memutuskan maju setelah berkonsultasi dengan keluarga, teman dan senior di HIPMI.

"Saya ingin membawa teman-teman untuk kembali bangkit. Tidak hanya bangkit, tapi untuk menjadi lebih maju lagi," ujar Lisa.

Lisa mengungkapkan memiliki visi dan misi membangun sinergi, semangat persahabatan, dan bergerak kolaboratif, pada masa adaptasi kebiasaan baru antara pengusaha muda yang profesional, kuat, tangguh, kreatif, produktif, inovatif, berdaya saing, dan menjadi mitra strategis pemerintah untuk menunjang pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, sudah bukan lagi saatnya bersaing satu sama lain.

"Kita harus bekerjasama dan bahu membahu menciptakan iklim usaha yang kolaboratif di Kepri," ujarnya.

Bersaing di Tengah Pandemi

Lisa mengatakan situasi ekonomi saat ini tengah sulit. Memasuki era revolusi industri 4.0 semakin menuntut dunia usaha dari skala kecil, sedang hingga besar untuk melakukan berbagai lompatan bisnis. Langkah ini dimaksudkan agar menghasilkan produk barang dan jasa yang bisa bersaing di pasar global.

"Bila memang saya yang mendapat amanah memegang kepemimpinan HIPMI Kepri selanjutnya, maka saya siap menjadi pelayan bagi seluruh pengusaha muda di Kepri," kata Lisa.

 

Founder yang juga President Director PT Pelayaran Kencana Global ini memiliki misi, tetap menjaga marwah organisasi, yang menjadi akselerator dan penggerak bagi pengusaha untuk bangkit dan berkembang.

"Ada beberapa program kerja yang saya rasa sangat pas untuk kondisi saat ini, agar kita bisa terus beradaptasi dengan kebiasaan baru, berinovasi, kreatif, dan produktif dengan tetap menjaga semangat dan marwah organisasi.

"Tentu saja melanjutkan program dari kepengurusan saat ini, serta menumbuhkan pengusaha muda baru di Kepri. Lalu menjadikan BPD HIPMI kepri tempatnya membangun jaringan dan kolaborasi usaha dengan semangat inovasi dan optimalisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lisa mengatakan, salah satu program kerja untuk mengakselerasi para pengusaha muda adalah meningkatkan keahlian.

Contohnya, belum lama ini saya menjadi narasumber webinar, yang dihadiri oleh pengusaha pengusaha, yang terbukti sukses berkembang di tengah pandemi. 

Selain itu yang tak kalah penting, adalah program membuka jaringan dan akses untuk teman-teman pengusaha muda Kepri ke proyek pemerintah pusat, daerah, BUMN dan juga membuka akses untuk pengusaha bisa berkembang dan maju untuk naik kelas.

"Saya juga punya program untuk membuat bisnis-bisnis baru yang lahir dari kolaborasi dengan sesama anggota HIPMI se-Kepri," ujar Lisa.

Di tengah krisis pandemi yang terjadi saat ini, Lisa melihat kebutuhan utama dari pengusaha muda di Kepri adalah pertama bisa bertahan, dan kemudian bangkit lalu berakselerasi.

"Terim kasih atas dukungan BPC HIMPI, senior, keluarga, teman dan semuanya," ujar Lisa Yulia yang saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian, BUMN BPD HIPMI Kepri.