DPRD Minta Pelaksanaan PPDB di Kepri Lebih Baik

DPRD Minta Pelaksanaan PPDB di Kepri Lebih Baik

Anggota DPRD Kepri, Hanafi Ekra (Foto: ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Ketua Fraksi PKS DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Hanafi Ekra berharap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 di Kepri bisa lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya.

Anggota Komisi IV yang merupakan mitra Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri ini mengatakan, PPDB akan dilakukan di bulan Juni-Juli nanti.

"Di tahun lalu keluhan masyarakat seputar kekurangsiapan proses PPDB di masa Covid-19 dan tidak berfungsinya Unit Pengelola Pengaduan yang ada. Sehingga masyarakat merasa tidak terlayani dengan baik dan kehilangan hak untuk mendapatkan pelayanan dan penjelasan yang patut," ucap Hanafi.

Baca juga: Cara Pemprov Kepri Deteksi PNS 'Hantu'

Dia menambahkan, di tengah pandemi ini memaksa semua sekolah khususnya tingkat SMA untuk menyelenggarakan PPDB secara online atau daring.

"Kita berharap persiapannya matang tidak amburadul karena akses internet atau jaringan tidak memadai tentu tidak semua masyarakat bisa mengakses, semoga Dinas Pendidikan memperhatikan ini," ucapnya.

Menurut anggota legislatif yang terpilih dari Dapil Bintan dan Lingga, Diknas Pendidikan mungkin bisa berkolaborasi dengan dinas kabupaten dan kota terkait data SMP yang ada.

Baca juga: Sepeninggal Kunker Jokowi ke Kepri Kasus Covid-19 Makin Parah

"Di era digital seperti saat ini harusnya menjadi mudah dan tidak sulit, tapi kita tahu kondisi Kepri tidak seperti daerah lain, tidak semuanya punya akses digital, ini yang harus dipetakan juga oleh Disdik. Point pentingnya adalah kita berharap pelaksanaan PPDB sekarang wajib lebih baik lagi, kekeliruan tahun lalu tidak boleh terulang kembali," kata Hanafi.

Ditambahkannya, dari tujuh kabupaten dan kota yang ada paling krusial adalah di Kota Batam, sementara itu di kabupaten dan kota masih memenuhi kuota.

"Di Batam full diterapkan sistem zonasi sementara kabupaten/kota lainnya di Kepri lebih fleksibel, namun apapun persoalannya kita berharap pelayanan PPDB ini bisa lebih baik lagi dibandingkan tahun sebelumnya," pungkas Hanafi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews