Ansar Bantah Perlambat Pelantikan Wakil Wali Kota Tanjungpinang

Ansar Bantah Perlambat Pelantikan Wakil Wali Kota Tanjungpinang

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad kala ditanya terkait proses pelantikan Wakil Wali Kota Tanjungpinang. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Nama Endang Abdulllah muncul menyisihkan Ade Angga dalam pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang beberapa waktu lalu. Suara parlemen selisih tipis satu suara untuk kemenangan politisi Gerindra itu.  Namun kapan ia akan dilantik?

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad mengaku masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: DPRD Resmi Tetapkan Dua Kandidat Calon Tetap Wawako Tanjungpinang

Ansar mengatakan pihaknya baru mengusulkan Surat Keputusan (SK) pelantikan Wakil Walikota Tanjungpinang ke Menteri Dalam Negeri.

"Baru kita usulkan ke pusat, karena persyaratannya baru diserahkan ke kita. Jadi kemarin ada yang bilang kalau saya sengaja memperlambat pelantikan karena beda partai, itu tidak benar," ucapnya, Minggu (30/5/2021).

Ansar menegaskan, dirinya tidak pernah menahan atau memperlambat proses pelantikan itu. Sebab katanya, ia sendiri berharap pelantikan Endang Abdullah secepat mungkin dilaksanakan agar dapat membantu Walikota Tanjungpinang dalam menyelesaikan persoalan Covid-19 dan pekerja lainnya.

"Kalau suratnya cepat diserahkan, saya langsung teken dan dikirimkan ke pusat, sebaiknya kan tanya dulu ke kita, kita ini sekarang ini menghindarilah yang namanya prasangka buruk seperti itu," jelasnya.

Ia menyebutkan, salah satu contoh ketika Wali Kota Batam meminta percepat usulan pelantikan, dirinya langsung bertemu dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (otda) agar SK nya cepat terbit.

Baca juga: Profil Endang Abdullah, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Terpilih

"Kemudian, Bupati Natuna aturan pelantikannya Juli saya percepat, jadi tak ada lah saya memperlambat," tegasnya.

Sebelumnya, Endang Abdullah memperoleh 15 suara dari 29 suara di DPRD Tanjungpinang Senin (10/5/2021) lalu. Sudah cukup lama kursi Wakil Wali Kota Tanjungpinang kosong dan, fase pemilihan itu melewati proses berliku yang panjang

Endang menyisihkan calon unggulan Partai Golkar, yakni Ade Angga, yang mendapatkan 14 suara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews