Jokowi: Penyaluran BLT Dana Desa Baru Rp 1,5 Triliun Per April 2021

Jokowi: Penyaluran BLT Dana Desa Baru Rp 1,5 Triliun Per April 2021

Presiden Jokowi (Foto: Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Batamnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa realisasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa baru sebesar Rp1,5 triliun per April 2021. Angkanya setara dengan 32 persen dari target yang disiapkan.

"Masih kecil sekali, 32 persen. Angka-angka seperti ini saya ikuti," ucap Jokowi dalam Pengarahan Presiden Republik Indonesia Kepada Kepala Daerah se-Indonesia 2021, Kamis (29/4/2021).

Ia meminta penyalurannya bisa segera dipercepat. Pasalnya, BLT tersebut akan membantu perputaran dana di daerah.

Baca juga: Baru, Cek Data Penerima Bansos Bisa Lewat cekbansos.kemensos.go.id

Semakin banyak perputaran dana di daerah, maka perekonomian di wilayah setempat juga akan terdongkrak. Hal itu turut mendorong perekonomian nasional nantinya.

"Saya ingatkan kembali karena itu penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Pertumbuhan ekonomi daerah secara agregat akan jadi pertumbuhan ekonomi nasional," terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar seluruh bantuan sosial (bansos) segera direalisasikan. Ini dibutuhkan untuk dorong permintaan masyarakat.

Baca juga: Berlangsung Tertutup, BPK Periksa Penerima Rp 5,6 Miliar Bantuan Dispora Kepri

"Perlu didorong agar ini bisa diterima oleh masyarakat. Tersampaikan kepada masyarakat. Sehingga mereka bisa belanja. Kalau ada belanja, artinya ada permintaan. Kalau ada permintaan akan ada PE di daerah itu," jelas Jokowi.

Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp150,88 triliun untuk perlindungan sosial tahun ini. Dana tersebut menjadi bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021.

Beberapa program bansos yang digelontorkan pemerintah, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), Kartu Prakerja, dan bantuan kuota internet.

Baca juga: Dicecar Penetapan Rp600.000 Paket Bansos Covid-19, Juliari: Perintah Presiden


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews