https://www.batamnews.co.id

Tiga Camat di Meranti Bikin Bupati Adil Geram

Bupati Meranti, H Muhammad Adil saat membuka kegiatan Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati (Foto:Arjuna/Batamnews)

Meranti, Batamnews - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, H Muhammad Adil sangat serius dalam menjalankan program strategis seperti janjinya saat kampanye. Bahkan dia tak sungkan untuk memecat para pejabat yang tidak ikut menyukseskan programnya.

Seperti yang terjadi saat Adil melakukan launching program Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati dan Pencanangan Pendataan Keluarga tahun 2021 di Halaman Kantor Bupati Meranti, Kamis (1/4/2021).

Sebelum acara dimulai, dia memantau para Aparatur Sipil Negara (ASN) terlebih dahulu. Pada saat yang sama, ia terlihat mengabsen pejabat di lingkungan Pemkab Meranti.

Sontak Adil dibuat geram. Sejumlah Camat kedapatan tak hadir pada acara tersebut. Dia juga mempertanyakan penyebab tidak hadirnya sejumlah pejabat yang bersangkutan.

"Camat Tebingtinggi mana? Kenapa tidak hadir?," tanya Adil.

Tiba- tiba seorang pegawai nyeletuk sembari mengatakan jika ada keluarga yang bersangkutan sedang sakit. Lalu Adil kembali bertanya. "Keluarga mana? Jauh apa dekat? Sudah siapkan besok diganti? Hari ini saya teken suratnya," ucap Adil berang.

Tak sampai di situ saja. Eks Legislator Provinsi Riau itu pun kembali bertanya camat di daerah mana saja yang tak hadir memenuhi undangan kegiatan tersebut. Diketahui, selain Camat Tebingtinggi, ada Camat Rangsang dan Merbau yang juga tak berada ditempat.

Sejumlah camat itu membuat Adil resah. Bahkan ingin memecat ketiganya. Namun sebelumnya dia bertanya terlebih dahulu perihal tersebut kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Meranti.

"Camat mana lagi? Camat Rangsang itu bisa digantikan tidak? Begitu juga dengan Camat Merbau. Apa itu bisa diganti?," tanya Adil kepada Sekda.

Sekda Meranti, Dr H Kamsol langsung menjawab pertanyaan yang dilayangkan Bupati. Katanya, Camat Rangsang dan Merbau itu merupakan jabatan definitif.

Namun tidak untuk Camat Tebingtinggi. Sebab yang bersangkutan hanya sebagai Pelaksana tugas (Plt) menggantikan posisi Camat yang kosong pasca ditinggalkan Rayan Pribadi yang eksodus ke ibu kota provinsi, Pekanbaru.

"Camat Tebingtinggi diganti. Nanti saya teken suratnya. Telepon Kaban BKD suruh siapkan suratnya. Tak boleh main-main, ini program utama. Bisa pula dia tak hadir," pungkas Adil setelah mendapati kejelasan dari Sekda.

Untuk diketahui, Plt Camat Tebingtinggi saat ini diisi oleh Syafrizal Ahmadi Usman. Dia baru menjabat sebagai camat awal bulan Maret lalu. Selain itu, Syafrizal juga menjabat sebagai Kabid di Dinas Perpustakaan Meranti.

(jun)