https://www.batamnews.co.id

Pengurusan Dokumen di Dukcapil Meranti Kini Beres dalam Sehari

Bupati Meranti, H Muhammad Adil meninjau pelayanan di Dukcapil (Foto:Arjuna/Batamnews)

Meranti, Batamnews - Pasca launching layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE), seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, akan mendapat layanan kepengurusan administrasi atau dokumen kependudukan yang selesai dalam waktu satu hari.

Layanan TTE di UPTD Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) ini sangat penting guna memberikan kemudahan ke masyarakat dalam proses kepengurusan dokumen kependudukan sehingga lebih cepat, tepat dan efisien.

"Nanti, jika ada masyarakat Meranti yang melahirkan, maka esok pagi Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) yang baru sudah selesai. Semua terselesaikan dalam sehari," ucap Bupati Meranti, H Muhammad Adil, Kamis (1/4/2021).

Agar program tersebut berjalan dengan baik, dia juga meminta kepada Camat dan Kades sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat untuk mengoptimalkan pelayanan tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Meranti, Ramdan mengatakan, layanan TTE sudah disesuaikan dengan Permendagri Nomor 19 tahun 2018, tentang Layanan Administrasi Kependudukan 1 Hari Selesai.

Pelaksanaan pelayanan tersebut juga tidak merepotkan. Masyarakat diluar Kota Selatpanjang cukup melakukan kepengurusan administrasi kependudukan di kecamatan masing-masing. Tak perlu lagi jauh-jauh ke ibu kota kabupaten.

"Sejak Januari 2020, semua dokumen administrasi kependudukan di Meranti sudah menggunakan TTE," ucap Ramdan.

Kemudian, berdasarkan Permendagri Nomor 104 Tahun 2019 Pasal 19 Ayat 6, menyebutkan bahwa dokumen yang ditandatangani secara elektronik dan e-KTP tidak perlu dilegalisir.

Dalam penerbitan KK dan Akta Kelahiran, nantinya UPTD Dukcapil menggunakan QR Code (Quick Record Code). Tanpa ada tanda tangan basah dan stempel dinas. Untuk mengetahui keabsahan data bisa diketahui dengan memindai QR Code dengan menggunakan aplikasi QR Scanner yang bisa diunduh pada smartphone.

"Program ini sekaligus untuk mendukung dan menyukseskan 7 program stregis Bupati. Diantaranya yaitu layanan prima dokumen kependudukan siap satu hari disetiap UPTD Dukcapil Kabupaten Kepulauan Meranti," pungkas Ramdan.

(jun)