Penelitian Ini Ungkap Awal Mula Covid-19 dari Italia Bukan di China?

Penelitian Ini Ungkap Awal Mula Covid-19 dari Italia Bukan di China?

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)

Batam - Penelitian terbaru mengungkap, virus corona kemungkinan telah menyebar di Italia sejak September 2019, tiga bulan sebelum pertama kali muncul di China. Penelitian ini dirilis pada Minggu (15/11/2020) oleh Institut Kanker Nasional (National Cancer Institute/INT) di Milan.

Artinya, Covid-19 sudah ada di Italia tiga bulan, sebelum pertama kali dilaporkan di China pada Desember 2019 dan lima bulan sebelum kasus resmi pertama tercatat di Italia pada 21 Februari 2020.

Sebagaimana melansir laman Xinhua, Selasa (17/11/2020), penelitian INT itu menunjukkan bahwa 11,6 persen dari 959 relawan sehat yang berpartisipasi dalam uji coba, penapisan kanker paru antara September 2019 hingga Maret 2020 telah mengembangkan antibodi Covid-19 jauh sebelum Februari.

Giovanni Apolone, salah satu penulis penelitian, mengatakan bahwa empat kasus dari penelitian tersebut sudah ada pada pekan pertama Oktober tahun lalu. Artinya, mereka telah terinfeksi pada September.

Wilayah Lombardia di Italia utara, yang ibu kotanya Milan merupakan tempat pandemi kali pertama muncul di negara tersebut akhir Februari lalu.

Sebelumnya, jumlah kasus flu dan pneumonia parah yang sangat tinggi pada kuartal terakhir 2019, tanda bahwa Covid-19 mungkin telah beredar lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews