Tiga Anggota Positif Corona, Ketua KPU Kepri Pastikan Pilkada Tak Terkendala

Tiga Anggota Positif Corona, Ketua KPU Kepri Pastikan Pilkada Tak Terkendala

Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati menyerahkan dokumen penetapan peserta Pilkada Kepri 2020, Rabu (23/9/2020), (Ilustrasi/Dok. Batamnews)

Tanjungpinang - Tiga dari lima komisioner KPU Kepri terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini hanya dua anggota KPU yang tersisa menjalankan tugas mereka menjelang tahapan Pilkada 2020.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri Sriwati mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU pusat.

"Kami (KPU Kepri) sedang berkirim surat ke KPU RI selaku atasan langsung dengan kondisi saat ini," kata Sriwati, Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Komisioner KPU Kepri Parlindungan Sihombing Positif Corona

Ia juga memastikan, hingga saat ini kinerja KPU Kepri masih berjalan sesuai tahapan, walau saat ini yang aktif hanya dua orang.

"Sampai hari ini kami masih bekerja sebagaimana tahapan, dan tentunya sambil menunggu arahan dan petunjuk KPU RI," ujarnya.

Sriwati juga menerangkan, dengan kondisi KPU Kepri saat ini, bukan berarti KPU Kepri bisa diambil alih KPU Pusat. Ada ketentuan dan tahapan bila diambil alih KPU Pusat yakni PKPU Nomor 6 tahun 2020 dan perubahan PKPU 13 tahun 2020.

"Di dalam PKPU sudah jelas diatur di pasal 91 dan Pasal 92. Kami mempedomani aturan itu saja," katanya.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin memastikan penyelenggaraan Pilkada akan tetap berjalan sesuai rencana.

"Saya nyatakan Pilkada Kepri secara umum tidak ada masalah dan terganggu dengan kasus ini," kata Bahtiar di Tanjungpinang.

Baca juga: KPU Kepri Terancam Lumpuh, Dua Komisioner Positif Corona

Menurutnya Pilkada sudah ada mekanisme dan aturannya. Tentunya pihaknya akan terus berkoordinasi agar pelaksanaan pilkada berjalan baik.

Bahtiar menyebut kasus Corona yang merebak di lembaga penyelenggara pemilu Kepri, sama halnya dengan kasus yang terjadi di KPU Pusat, namun tahapan pilkada tetap berjalan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews