Bawaslu Lingga Resmi Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada, Segini Honornya

Bawaslu Lingga Resmi Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada, Segini Honornya

Fidya Asrina saat memimpin rapat perekrutan PTPS bersama jajaran Panwascam di Kantor Bawaslu Lingga beberapa waktu lalu (Foto:Ist)

Lingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lingga, membuka rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Pendaftaran sudah pun dibuka mulai 3-15 Oktober mendatang.

Dengan begitu, Koordinator Divisi (Kordiv) Organisasi, SDM dan Data Informasi di Bawaslu Lingga, Fidya Asrina pun mengajak masyarakat Lingga yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan dapat untuk mendaftar ke Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) terdekat.

"Jadi bagi teman-teman dan seluruh masyarakat Kabupaten Lingga yang sudah memenuhi syarat boleh mendaftar di Setretariat Panwascam masing-masing," kata dia kepada Batamnews, Senin (5/10/2020).

Sementara terkait honorarium atau gaji para petugas PTPS tersebut, Fidya menjelaskan diberi dengan mengacu Peraturan Menteri Keuangan, Nomor S-631/MK.02/2019.

"Terkait gaji PTPS dibayar honorariumnya sebesar Rp 650 ribu, ditambah uang makan sebanyak tiga kali, Rp 50 ribu. Kemudian uang bimbingan teknis sebesar Rp 245 ribu. Kalau untuk uang makan itu khusus pada saat hari H," ujarnya.

Namun lanjut Fidya, uang makan dan bimbingan teknis nantinya juga akan menyesuaikan dengan kondisi keuangan Bawaslu. Tapi kata dia, pihaknya tetap mengupayakan yang terbaik bagi jajarannya tersebut.

"Sesuai dengan peraturan, nanti PTPS ini akan bekerja terhitung sejak 23 hari sebelum hari H sampai dengan 7 hari setelah hari H. Namun yang paling krusial adalah pada hari pemungutan suara," ucapnya.

Pada hari pemungutan suara tersebut, Fidya menjelaskan PTPS harus mengawasi setiap tahapan proses pemungutan suara sampai penghitungan suara ditingkat PTPS.

"Nanti selama satu bulan itu kami beri pembekalan teknis kepada seluruh jajaran PTPS. Saya berharap sekali Pilkada di Lingga dapat berjalan dengan sukses, tentu saja tidak terlepas dari kerja-kerja pengawasan di tingkat TPS. Maka saya sangat berterima kasih sekiranya masyarakat dapat berpartisipasi bersama keluarga besar Bawaslu Lingga," ujar Fidya.

Sebagaimana diketahui, untuk 1 TPS dibutuhkan 1 orang pengawas. Artinya, di Kabupaten Lingga dibutuhkan sebanyak 242 PTPS. Untuk mengetahui tentang syarat pendaftaran rekrutmen PTPS tersebut, Baca: Bawaslu Lingga Buka Rekrutmen Pengawas TPS Pilkada 2020


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews