Antisipasi Banjir dan Malaria, Lintas Sektoral di Natuna Bersih Drainase Kota Ranai

Lintas sektoral di Natuna membersihkan drainase di jalanan Kota Ranai (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Dalam rangka mengantisipasi banjir dan perkembangbiakan nyamuk di tengah musim penghujan seperti saat ini, sejumlah lintas sektoral melakukan pembersihan di beberapa titik drainase dan saluran air yang ada di Kota Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (16/6/2020).

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Natuna, melalui Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menggandeng sejumlah instansi, diantaranya Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kelurahan Batu Hitam, melakukan pembersihan saluran drainase di Jalan Pramuka, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur.

"Pembersihan drainase dan saluran air ini kami lakukan tak lain untuk mengantisipasi bencana banjir dan penyebaran penyakit demam berdarah dan malaria," ucap Kepala Seksi (Kasi) BPBD Damkar Natuna, Elkadar Lismana disela-sela kegiatan.

Dengan demikian, ia mengimbau agar masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terlebih lagi di dalam saluran drainase sehingga tidak terjadi penyumbatan aliran air ketika hujan tiba.

"Rencananya kegiatan pembersihan drainase ini akan dilakukan secara rutin nantinya, dimana akan tetap melibatkan dan bersinergi dengan beberapa instansi terkait, guna mengantisipasi bencana banjir saat musim penghujan tiba," ujarnya.

Selain itu, Elkadar juga meminta peran aktif dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan untuk menggalakkan kembali kegiatan Jum'at bersih atau gotong royong.

(Yan)