BMKG: Lingga Berpotensi Diguyur Hujan Beberapa Hari Kedepan

Hujan deras (Foto:Batamnews)

Lingga - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, memprediksikan untuk beberapa hari ke depan, cuaca di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang serta dapat disertai petir dan angin kencang, baik pada siang maupun malam hari.

Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, kondisi ini terjadi akibat adanya pola belokan angin yang menyebabkan adanya penumpukan massa udara di wilayah Kepulauan Riau, termasuk Kabupaten Lingga. Kemudian juga didukung kelembapan udara yang cukup tinggi.

"Pada bulan Mei lalu adalah puncak hujan yang pertama, maksudnya keseringan hujan dan tercatat di data kami 19 hari hujan di tahun 2020, dan bulan Juni masih berpeluang hujan yang cukup tinggi. Tapi tidak sebanyak hari hujan pada bulan Mei," kata dia kepada Batamnews, Rabu (17/6/2020).

Lanjut Sahat, memasuki akhir Juni ini akan menurun curah hujan dan berlangsung hingga akhir Juli dan Agustus hingga September 2020. Di waktu tersebut akan memasuki pediode kering, artinya ada hujan tetapi tidak sebanyak hari hujan seperti bulan Juni.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Terutama bagi mereka yang didekat rumahnya terdapat pohon-pohon besar yang sudah tua, karena berpotensi untuk tumbang," ujarnya.

Selain itu, Sahat juga mengimbau agar masyarakat yang bermukim di tebing-tebing curam untuk waspada terhadap bencana longsor. Drainase yang buruk, sungai-sungai dangkal dan dataran rendah akan mengakibatkan air tergenang dan jika akumulasi hujan tinggi bisa menyebabkan banjir.

(ruz)