Diskan Lingga Panen 1,7 Ton Kerapu Catang di Desa Mepar

Diskan Lingga Panen 1,7 Ton Kerapu Catang di Desa Mepar

Kepala Diskan Lingga, Kasiman saat melakukan panen Kerapu Catang di Desa Mepar (Foto:ist)

Lingga - Dinas Perikanan (Diskan) Lingga melakukan panen ikan Kerapu Catang hasil budidaya Kelompok Pembudidayan Ikan (Pokdakan) Harapan Jaya Desa Mepar, Kecamatan Lingga, Sabtu (4/1/2020) pagi.

Panen dengan hasil mencapai lebih kurang 1,7 ton ini, merupakan panen kedua kalinya yang dilakukan Pokdakan Harapan Jaya. Sebelumnya pada panen pertama, ikan kerapu yang dihasilkan sebanyak 1,6 ton.

Kepala Diskan Lingga, Kasiman mengatakan, panen yang dilakukan oleh kelompok budidaya di Desa Mepar tersebut merupakan binaan dari pihaknya. Kelompok budidaya ini dinilai sangat konsisten dalam mengembangkan hasil budidaya sejak terbentuk.

"Ini panen yang kedua untuk Pokdakan Harapan Jaya, sebelumnya pada awal tahun 2019 panen sebanyak 1,6 ton," kata Kasiman, Sabtu (4/1/2020).

Lanjut dia, pihaknya akan terus memberikan pendampingan budidaya maupun manajemen keuangan pasca panen bagi setiap kelompok agar mampu mandiri dan tidak lagi bergantung dengan pemerintah setempat.

"Saya berharap dengan adanya panen yang dilakukan di Desa Mepar ini dapat menjadi contoh bagi para Pokdakan yang sudah terbentuk di Lingga lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokdakan Harapan Jaya, Desa Mepar, Mistari mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Diskan Lingga maupun Provinsi karena terus memberikan pembinaan dan bimbingan terhadap kelompok yang ia pimpin.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak dinas perikanan Kabupaten Lingga dan Provinsi, karena tanpa bantuan dan binaan dari mereka kami tidak bisa melakukan panen ini untuk yang kedua kalinya," ujar Mistari

Setelah kerapu, pihaknya juga akan memanen ikan Kakap Putih yang dibudidayakan selain kerapu catang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews