Jelang Pilkada Batam, Bacalon Independen Rian Ernest Pede Tatap Verifikasi Faktual

Jelang Pilkada Batam, Bacalon Independen Rian Ernest Pede Tatap Verifikasi Faktual

Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga. (Foto: Ist)

Batam - Jelang Pilkada Batam 2020 di masa new normal, Rian Ernest mengaku siap menghadapi tantangan berat yang akan dihadapinya.

Rian yang berpasangan dengan Yusiani Gurusinga menjadi satu-satunya Bapaslon jalur independen di Pilkada Batam yang telah berhasil memenuhi syarat dukungan maju di jalur tersebut. Ia dan timnya menyerahkan 48,919 dukungan kepada KPU Kota Batam, 24 Februari 2020 lalu. 

“Kami siap seribu persen. Relawan Batam Baru sedang rapatkan barisan. Bagi penantang seperti kami, tentu situasi pandemi tidaklah mudah, apalagi angka peningkatan kasus Covid19 di Batam tidak menggembirakan karena persoalan di lapangan. Menghadapi tantangan luar biasa ini, optimisme saja tidak cukup, kami harus bekerja 10 kali lebih keras. Tim kami telah bekerja luar biasa mempersiapkan skenario menghadapi tahapan Pilkada New Normal ini," ujar Rian, Rabu (17/6/2020).

Ia mengaku mendapat banyak pertanyaan selama masa Covid19, terkait langkah gerak timnya yakni Batam Baru. 

"Kami harus akui, sebagai sebuah gerakan, maka gerakan ini bukanlah gerakan yg berdana besar. Plus kami selalu mengutamakan keselamatan timses dan warga. Alhasil selama puncak Covid-19 gelombang pertama, kami sedikit menahan diri untuk berkeliling,” sebutnya.

Rian mengakui, saat ini, Ia dan  timnya tengah mempersiapkan tahapan verifikasi faktual yang direncanakan akan dimulai tanggal 24 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020.

“Jalan kami sebagai bakal pasangan calon perseorangan (independen) untuk ikut dalam Pilkada 2020 masih cukup panjang, masih ada tahapan verifikasi faktual, dan sebagainya. Tenang saja, kami sangat siap untuk verifikasi faktual. Untuk itu kami mohon doa dan dukungan dari teman-teman," ujarnya.

Ia pun berharap KPU dan Bawaslu Kota Batam bisa bekerja dengan maksimal. 

"Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 menjadi tantangan demokrasi tersendiri, selain menjamin kedaulatan rakyat, juga menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat untuk itu saya berharap agar dana dan pelengkap KPU dan Bawaslu Batam telah siap dan lengkap. Keselamatan teman-teman di lapangan adalah yang utama,”  sebutnya.

Seperti diketahui, KPU telah menerbitkan tahapan Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19 melalui Peraturan KPU nomor 5 Tahun 2020.  Pilkada tahun 2020 direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan demikian maka tahapan verifikasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan (Independen) yang sebelumnya sempat terhenti karena pandemi, juga akan kembali dilaksanakan.  


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews