Opsi Uang Tiket Kembali dan Penjadwalan Ulang Tetap Rugikan Calon Penumpang

Calon penumpang mengurus tiket di konter Citilink Bandara Hang Nadim, Batam.

Batam - Larangan mudik menggunakan berbagai moda transportasi resmi berlaku. Di Batam, Bandara Internasional Hang Nadim menghentikan layanan penerbangan komersial untuk penumpang.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan bandara menghentikan aktivitas penerbangan komersial hingga 1 Juni 2020. 

Bagi penumpang yang telah membeli tiket, ada dua pilihan yang bisa diambil yakni meminta kembali uang tiket alias refund atau penjadwalan ulang keberangkatan.

"Maskapai merekomendasikan untuk menjadwal ulang dan akan berlaku hingga 1 tahun kedepan. Saat ini Citilink dan Lion sudah ada calon penumpang yang merescedhule," kata Suwarso, Sabtu (25/4/2020). 

Namun proses penjadwalan ulang tiket pesawat sempat membuat penumpang dilematis. Pasalnya jika tiket yang dijadwalkan ulang oleh penumpang harganya lebih mahal dari tiket yang dibeli penumpang harus membayar selisih harga tersebut. 

Namun jika tiket yang dibeli lebih murah penumpang tidak akan mendapatkan kembalian, atau uang sisa tersebut hangus. 

"Iya makanya kami lagi pusing sekarang pilih jadwal baru yang sesuai dan tentunya tidak merugikan," ucap Nurida, salah satu penumpang Citilink. 

Immanuel, penumpang lainnya tujuan Jakarta yang berencana terbang 24 Mei 2020, mengaku kecewa dengan kebijakan ini. 

Namun dia menerima kebijakan tersebut untuk mendukung pemerintah menghentikan penyebaran wabah virus Corona. 

"Tadi proses di customer service juga lama sih, tapi saya sudah memilih tanggal untuk reschedule jadwal. Kami berharap kebijakan tidak merugikan penumpang, tapi semoga ini bisa benar-benar menghilangkan Corona di Indonesia," ucap Imanuel. 

(das)