Sepinya Bandara Hang Nadim Batam Kala Penerbangan Komersial Ditutup

Petugas Avsec Bandara Hang Nadim memberikan tanda victory di tengah tidak beroperasinya bandara tersebut. (Foto: Dyah/batamnews)

Batam - Pemandangan tak biasa terlihat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau pada Sabtu (25/4/2020). Sepi terlihat usai penerbangan dihentikan menyusul diberlakukannya Permenhub Nomor 25 Tahun 2020.

Dari pantauan Batamnews, lalu lalang penumpang tak kelihatan. Hanya petugas Avation Security (Avsec) Bandara dan petugas kebersihan dan petugas maskapai yang bertugas. 

Suara petugas mengingatkan penumpang lewat pengeras suara pun juga sirna. Adapun calon penumpang yang berada di bandara, hanya datang untuk konsultasi dan menjadwal ulang tiket yang telah mereka beli. 

Konter maskapai yang tampak mulai didatangi calon penumpang adalah Lion Air dan Citilink. 

"Berdasarkan aturan Permenhub No. 25 tahun 2020 kami (Bandara hang Nadim) memang baru memberlakukan aturan tersebut mulai 25 April pukul 00.00 sampai 1 Juni 2020 tidak melakukan operasional penebangan kecuali kargo ," kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso, Sabtu (25/4/2020). 

Walaupun pelayanan penerbangan penumpang ditutup, Suwarso mengatakan operasional bandara tetap akan berjalan 24 jam. 

Hal ini dikarenakan pesawat kargo masih berjalan dan pesawat komersil akan berlatih fungsi menjadi pesawat kargo selama penutupan penerbangan sementara. 

"Seperti Lion dan Garuda, pekan depan akan menjadi (angkutan) kargo tinggal menunggu surat dari pusat. Peraturan ini juga ada pengecualian seperti kepala negara dan sahabat negara, makanya kami tetap beroperasi 24 jam," ujar Suwarso. 

Dengan ditutupnya layanan penerbangan penumpang, karyawan Bandara Hang Nadim juga akan bergilir untuk pelaksanaan work from home

Namun untuk petugas siaga untuk lebaran tetap diadakan, untuk menjaga keamanan selama Idulfitri. 

"Memang belum ada pengajuan namun kami akan melakukan pemasangan tenda siaga," ucapnya. 

(das)