Kelola Kebun Mini, Desa Teluk Sasah Hasilkan 30 Kg Sayur Organik

Kelola Kebun Mini, Desa Teluk Sasah Hasilkan 30 Kg Sayur Organik

ilustrasi.

Bintan - Pihak Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam berhasil mengelola kebun mini dengan sistem hidroponik. Kini kebun berukuran 4x12 meter itu menghasilkan puluhan kilogram sayuran organik setiap bulannya.

Kepala Desa Teluksasah, Suhairi mengatakan kebun mini tersebut menjadi kebun percontohan di desa ini. Meski baru dua kali panen, namun setiap bulannya kebun ini mampu menghasilkan 30 Kg sayur.

"Disini kembangkan beberapa sayuran seperti Sawi, Kangkung, Selada dan Seledri. Dari beberapa item tersebut dapat dipanen dalam masa 1 bulan setelah dilakukan pembibitan," ujar Suhairi, kemarin.

Kebun ini dikembangkan PKK dan aparatur desa sejak 2019 lalu. Namun baru menghasilkan produksi yang baik dan tertata sejak 2 bulan terakhir.

Diharapkan kebun ini mampu menggerakkan masyarakat agar tertarik mengembangkan pertanian serupa yaitu tanaman hidroponik.

"Dikembangkan secara pelan-pelan dan sedikit-sedikit. Sambil belajar dan juga selalu memantau. Hasilnya  dua bulan terakhir ini sudah rutin dipanen," jelasnya. 

Lahan yang terbatas dan jumlah penduduk yang banyak menjadikan potensi pengembangan hidroponik sangat potensi di lakukan di desa ini. Maka pihak desa siap membantu dan mengajarkan masyarakat yang ingin belajar bersama. 

"Kalau serius menjalankan pastinya akan mendatangkan penghasilan. Kalau sudah besar tidak menutup kemungkinan desa ini mampu memasok sayuran," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews