Reakreditasi Tiga Puskesmas di Lingga Ditunda Gegara Corona

Reakreditasi Tiga Puskesmas di Lingga Ditunda Gegara Corona

Puskesmas Dabo Lama (Foto:ist)

Lingga - Tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, di tahun 2020 ini bakal melakukan reakreditasi. Namun, karena mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia, proses reakreditasi ketiga puskesmas itu pun ditunda.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Ahmad Mudlofir mengatakan, adapun ketiga puskesmas tersebut yakni, Puskesmas Penuba, Raya dan Puskesmas Dabo Lama.

"Kalau tahapannya sudah mulai kita lakukan bulan ini, dengan pendampingan oleh tim pendamping akreditasi DKPPKB Lingga. Kegiatan kaji banding ke puskesmas lain sedang di evaluasi, kegiatan workshop penanganan infeksi di puskesmas yang melibatkan ketiga staf puskesmas ditunda/ditiadakan, dan survei juga di tunda," kata dia kepada Batamnews, kemarin.

Mudlofir menjelaskan, semestinya survei reakreditasi untuk Puskesmas Penuba dilakukan di bulan Agustus 2020 mendatang. Sedangkan untuk Puskesmas Raya dan Dabo Lama, awalnya bakal dilaksanakan pada bulan September.

"Kemungkinan survei ini baru bisa dilakukan kembali tahun depan, setelah pandemi Covid-19 ini bisa teratasi. Ini juga merujuk kepada surat dari Dirjen Pelayanan Kesehatan di Kementerian Kesehatan RI, Nomor: HK.02.02/VI/0885/2020, tertanggal 19 Maret 2020," ujar Mudlofir.

Sebagaimana diketahui, ketiga puskesmas tersebut sebelumnya sudah terakreditasi Kemenkes RI. Puskesmas Dabo Lama sudah terakreditasi madya dan Puskesmas Penuba serta Raya terakreditasi tingkat dasar.

Namun sesuai amanat Permenkes No. 46 Tahun 2015 bahwa puskesmas yang telah terakreditasi akan dilakukan akreditasi ulang atau reakreditasi setiap 3 tahun sekali, maka Puskesmas Dabo Lama, Penuba dan Raya wajib mengikutinya.

Hal ini dilakukan agar puskesmas tidak ‘jalan di tempat’ setelah mendapatkan status terakreditasi, melainkan tetap terus menerapkan prinsip peningkatan mutu yang berkesinambungan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews