Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp 500 Miliar Tangani Corona

Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp 500 Miliar Tangani Corona

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto:ist/detik)

Bandung - Pemprov Jabar akan kembali melakukan refocusing dan relokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19). Dana itu, selain untuk menanggulangi isu kesehatan, juga untuk mengatasi isu ekonomi yang muncul akibat wabah.

Hal itu dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).

"Kita siapkan dana sampai Rp 500 miliar. Dana itu sedang kita diskusikan dengan DPRD untuk dicari sumber-sumbernya, arahan presiden dana itu diambil dari anggaran yang tidak diprioritaskan, dimayoritaskan untuk anggaran kesehatan," kata pria yang akrab disapa Emil itu.

Menurut dia, kemungkinan dana ratusan miliar itu akan didapatkan salah satunya dari alokasi perjalanan dinas. "Sesuai arahan presiden, agar daerah segera melakukan analisa, untuk melakukan pergeseran mana yang dilakukan untuk menguatkan dana kedaruratan. Antara lain dari dana perjalanan dinas untuk dipangkas dan digeser, lalu anggaran lain yang tidak prioritas," tutur Emil.

Sebelumnya, kata Emil, Jokowi juga memberikan kemudahan finansial bagi warga yang terdampak Corona secara ekonomi, di antaranya melalui penangguhan cicilan hingga satu tahun, bunga diturunkan, kartu sembako ditambah Rp 50 ribu.

"Dan masuk ke kategori rawan miskin karena tidak optimal bekerja akan kita bantu, nanti kita kolaborasikan anggaran pusat dan daerah untuk membuat jaringan pengamanan sosial, khususnya di bidang pangan, subsidi sembako dan keuangan untuk yang terpapar sehingga rawan miskin," ujar Emil.

Pada tahap pertama, Pemprov Jabar melakukan pergeseran alokasi anggaran sebesar Rp 48 miliar. Dana itu dialokasikan untuk memberikan sekitar 20 ribu alat pelindung diri (APD), 20 ribu alat rapid testdan penambahan fasilitas di berbagai rumah sakit rujukan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews