Dishub Bintan Mulai Pakai Kartu Brizzi Tangkal Pelangsir Solar Nakal

Dishub Bintan Mulai Pakai Kartu Brizzi Tangkal Pelangsir Solar Nakal

Kartu brizzi yang digunakan sebagai fuel card. (Foto: ist)

Bintan - Kartu brizzi mulai digunakan Dishub Bintan untuk menangkal pelangsir solar nakal. Selama ini aksi oknum pelangsir solar membuat konsumen BBM solar subsidi di Bintan mengeluh.

Dengan berlakunya kartu kendali brizzi ini, pembelian solar subsidi akan tersistem dan terdata di seluruh SPBU di Pulau Bintan.

Seperti diketahui kartu ini merupakan inovasi yang dirancang atas kerjasama Bank BRI dan Pertamina. Beberapa daerah lain di Indonesia sudah menerapkannya. Kartu kendali digital ini berfungsi sebagai uang elektronik. Penerapan kartu ini mampu memberikan data komprehensif sehingga pengawasan dan evaluasi diyakini mudah dijalankan.

Kadishub Bintan, Insan Amin mengatakan sebelumnya banyak mobil-mobil dari Kota Tanjungpinang antre mengisi solar di SPBU yang ada di Kabupaten Bintan. Antrean panjang kendaraan acap kali terjadi di SPBU.

“Kita sudah berlakukan kartu kendali (kartu brizzi) untuk membeli BBM subsidi. Jadi antrean tak akan mengular lagi, bahkan mampu menangkal pelangsir solar,” ujar Insan, Selasa (11/2/2020).

Setiap pemilik mobil, lori dan bus hanya bisa mengisi sekali dalam sehari. Baik untuk pengisian di SPBU yang berada di Kabupaten Bintan maupun Kota Tanjungpinang.

Pengisiannya juga tidak bisa sesuka hati melainkan dibatasi yaitu hanya 30 liter untuk satu kendaraan dalam sehari.

“Jadi mau ngisi di Tanjunguban, Kijang maupun Pinang tetap 30 liter jatahnya dalam sehari. Ini akan membuat siapa saja tidak bisa main-main. Baik operator SPBU maupun pemilik kendaraan,” jelasnya.

Sampai saat ini sudah 600 lebih kartu brizzi itu diterbitkan. Bagi pengemudi yang ingin mendapatkannya bisa langsung datang ke Gedung UPT Kir Dishub Bintan Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya.

Di sana telah disiagakan petugas-petugas yang akan mengurusnya. Mulai dari petugas Dishub Bintan, PT Pertamina Tanjunguban dan Bank BRI.

“Syarat untuk dapatkan kartu brizzi ini ada 4 yaitu fotokopi KTP, STNK asli Bintan, Pajak kendaraan aktif. Kartu brizzi ini seperti ATM, jadi pembelian solar ini non tunai,” ucapnya.

(ary)