Pemprov Kepri Kabulkan Permintaan 3 Hektare Lahan untuk KSOP Tanjungpinang

Pemprov Kepri Kabulkan Permintaan 3 Hektare Lahan untuk KSOP Tanjungpinang

Pelabuhan Dompak yang kondisinya memprihatinkan dengan kerusakan di hampir seluruh bagian. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Keinginan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang membangun kantor di Pelabuhan Dompak mendapat lampu hijau dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah memastikan, bahwa lahan untuk pembangunan kantor tersebut sudah disediakan.

"Pemerintah sudah menyetujui permintaan lahan untuk membangun kantor, tinggal bagaimana tindak lanjut dari KSOP sendiri," kata Arif di Dompak, Tanjungpinang akhir pekan lalu.

Untuk proses pelepasan lahan dari pemerintah ke instansi terkait atau hibah lahan tersebut, tentunya ada mekanismenya yang harus dilalui.

Baca: KSOP Butuh Lahan 3 Hektare Bangun Kantor di Pelabuhan Dompak

Tidak mungkin jelasnya, dalam hibah lahan ini asal melepaskan saja. Tentunya ada aturan yang harus dilakukan oleh pihak yang mengajukan dan yang akan menghibahkan tersebut.

"Kan semua harus bisa dipertanggungjawabkan, apa yang di hibahkan itu. Bila tidak sesuai prosedure, maka bisa timbul masalah hukum," ujarnya.

Lahan untuk KSOP itu sudah ditunjuk lokasinya dekat dengan Pelabuhan Dompak. Sebab, keberadaan KSOP harus berada dan berdampingan dengan pelabuhan.

"Kita sudah siapkan lahan itu, sesuai permintaan KSOP sekitar 3 hektare. Tinggal keseriusan KSOP saja menindaklanjutinya," katanya.

Sebelumnya KSOP Tanjungpinang membutuhkan lahan untuk membangun kantor di Pelabuhan Dompak, Tanjungpinang.

Hal tersebut mengingat, keberadaan Pelabuhan Dompak, dalam waktu dekat akan beroperasi melayani penumpang, apabila proses perbaikan pelabuhan rampung tahun ini.

Kepala KSOP Tanjungpinang Mappeati menjelaskan, bahwa keberadaan kator KSOP tentunya sangat dibutuhkan, apabila ada pelabuhan yang beroperasi.

"Kami berharap Pemprov Kepri akan cepat meresponnya. Sebab pusat telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan kantor KSOP sebesar Rp 4,5 miliar," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews