Anggaran Perbaikan Pelabuhan Dompak Diperkirakan Rp 10 M

Anggaran Perbaikan Pelabuhan Dompak Diperkirakan Rp 10 M

Kondisi banunan mangkrak Pelabuhan Dompak. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Kementerian Perhubungan sudah melakukan survei terkait perbaikan bangunan Pelabuhan Dompak pada tahun ini. Proyek yang belum diresmikan itu sempat mangkrak. Kondisi bangunannya pun memprihatinkan dan mengalami kerusakan parah.

Kemenhub sudah menyiap Detail Engineering Design (DED) dari perbaikan dan lanjutan pembangunan yang diperkirakan menelan anggaran Rp 10 miliar.

Anggota Komisi III DPRD Kepri, Irwansyah mengatakan pihaknya telah memanggil KSOP dan Dishub Kepri terkait nasib pelabuhan ini.

"Dengan hal ini kami tanyakan kepada pihak Kemenhub, apakah pusat mau mengalokasikan kembali anggaran untuk menyelesaikan hingga bisa dioprasikan pelabuhan tersebut," ujarnya, Rabu (8/1/2020).

Dikatakan Irwansyah, permasalahan lahan pelabuhan tersebut dipastikan tidak ada. "Bahkan DED-nya sudah siap dan penganggarannya diplotkan kurang lebih sebesar Rp 10 miliar," katanya.

Pihak KSOP sebut Irwansyah, akan mengoperasikan Pelabuhan Dompak itu untuk melayani pelayaran antar pulau.

Kabid Kepelabuhan Dishub Kepri, Azis Kasim Djau mengatakan, Kemenhub sudah turun melakukan kajian dan survei.

"Hasil DED yang disusun Pemerintah Pusat dibutuhkan Rp 10 miliar, untuk perbaikan Pelabuhan Dompak. Termasuk untuk biaya perbaikan ponton yang rusak itu. Semua akan dibenahi hingga bisa beroperasi," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews