Plt Gubernur Perintahkan KSOP Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Dompak

Plt Gubernur Perintahkan KSOP Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Dompak

Pelabuhan Dompak yang kondisinya memprihatinkan dengan kerusakan di hampir seluruh bagian. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Pelabuhan Dompak, Tanjungpinang senilai Rp 121 miliar yang belum sempat diresmikan dan digunakan rusak parah. Kondisinya kini tak ubahnya seperti 'rumah hantu'.

Plt Gubernur Kepulauan Isdianto pun angkat bicara. Dia meminta Kantor Otoritas Kesyahbandaran Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang agar melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Dompak yang mangkrak.

"Saya mengharapkan Pelabuhan Dompak itu, bisa diselesaikan pembangunannya. Sehingga bisa difungsikan dan dimanfatkan dengan semestinya," kata Isdianto di Tanjungpinang, akhir pekan lalu.

Baca: Tak Terurus, Pelabuhan Dompak Senilai Rp 121 Miliar Kini Makin Hancur

Dia mengakui, kondisi pelabuhan saat ini rusak parah dan sangat memprihatinkan, karena tidak terjaga dan tidak ada yang mengawasi sejak terhenti pembangunannya sejak 2015 lalu.

Penyelesaian pembangunan Pelabuhan Dompak masih menjadi kewajiban pihak KSOP dan hal itu juga sudah ditegaskan oleh Kementerian Perhubungan.

"Itu hasil komunikasi kita dengan Kemenhub beberapa waktu lalu. Yang mana telah menegaskan bahwa kelanjutan pelabuhan itu masih tanggungjawab KSOP," jelasnya.

Baca: Kisruh Lahan Biang Hancurnya Pelabuhan Dompak

Untuk menindaklanjuti hal ini, Pemprov Kepri akan menjalin komunikasi dengan pihak KSOP, sebab informasinya Kemenhub sudah mengalokasikan anggaran untuk lanjutan pembangunan di tahun 2020 mendatang. 

"Saya akan kejar pihak KSOP ini. Karena sayang bila pembangunan tidak segera dilakukan, karena kondisi pelabuhan akan semakin parah kerusakannya," ujarnya.

Sebagaimana diketahui kondisi Pelabuhan Dompak, Tanjungpinang yang belum sempat diresmikan dan digunakan saat ini keberadaannya memprihatinkan. 

Bangunan megah senilai Rp 121 miliar itu terlihat hancur porak poranda. Terlihat seluruh kaca-kaca bangunan tersebut hancur tidak teraisa, tembok bangunan utama, dan plafon atap banyak yang sudah hancur, termasuk instalasi listrik kabel dan lampu yang raib.

Secara keseluruhan, Pelabuhan Dompak juga tidak terurus dari mulai gerbang masuk serta bangunan yang ada.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews