Setahun Lebih, KPU Bintan Belum Miliki Sekretaris Definitif

Ilustrasi.

Bintan - KPU Bintan hingga kini belum memiliki pejabat definitif yang menduduki posisi sekretaris. Untuk mengisi kekosongan, Kasubbag Teknis, Suciati merangkap jabatan sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris KPU.

Sekretaris KPU Kepri, Luki Zaiman Prawira mengakui jika Sekretaris KPU Bintan diduduki oleh pejabat Plt. Itu sudah berjalan selama setahun lebih atau sebelum Pilkada Serentak April 2019 lalu.

“Sekarang saya lagi adakan seleksi untuk calon sekretaris KPU Bintan yang baru. Kemudian juga untuk pejabat eselon IV yang mengisi kasubbag,” ujar Luki, Kamis (9/1/2020).

Seleksi posisi sekretaris tidak hanya dilakukan untuk KPU Bintan saja tetapi juga KPU yang berada di tiga kabupaten lainnya. Antara lain KPU Lingga, Karimun, dan Natuna. Begitu juga dengan seleksi pejabat yang akan menduduki kursi kasubbag di 4 KPU tersebut.

Jadi pejabat eselon IV dan III yang bakal diluluskan dalam seleksi ini sebanyak 11 orang. Diantaranya 4 pejabat yang menduduki posisi sekretaris (eselon III) dan 7 pejabat kasubbag (eselon IV).

“Jadi bukan hanya 4 posisi sekretaris aja yang kosong dan dijabat Plt. Tetapi juga ada 7 pejabat eselon IV yang kosong di 4 KPU tersebut,” jelasnya.

Khusus di Bintan, kata Luki, ada dua calon yang ikut dalam seleksi Sekretaris KPU. Yaitu Suciati yang menjabat sebagai Kasubbag Teknis sekaligus Plt Sekretaris KPU dan Netty Kurniawati dari Lingga.

Seleksi ini dilakukan oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel) sehingga terjamin semuanya. Baik prosesnya hingga penetapannya sangat ketat dan transparan.

“Hasil seleksi akan kita teruskan ke KPU RI untuk mendapatkan rekomendasi setelah itu baru kita SK-kan dan lantik,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Sekretaris KPU Bintan, Suciati membenarkan jika dirinya mengikuti seleksi untuk posisi sekretaris definitif di KPU Bintan.

“Iya hari ini saya wawancara untuk ikut seleksi sekretaris KPU Bintan. Netty juga diwawancara hari ini,” katanya.

(ary)