BNN Tes Urine Kru Kapal dan Nakhoda di Pelabuhan SBP

BNN Tes Urine Kru Kapal dan Nakhoda di Pelabuhan SBP

Prosesi tes urine bagi awak angkutan laut di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (Foto: Adi/batamnews)

Tanjungpinang - Sejumlah kru dan nakhoda kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menjalani tes urine yang dihelat Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang, Senin (23/12/2019).

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang, AKBP Darsono mengatakan, tes urine bagi awak angkutan umum menjadi bagian dari pencegahan peredaran narkotika, sekaligus untuk mendukung keselamatan penumpang seiring dengan mudik Natal dan Tahun Baru.

"Diharapkan para kru dan nakhoda kapal tidak menggunakan narkoba. Tes urine ini juga salah bentuk dukungan dalam pengamanan Operasi Lilin 2019 yang dilaksanakan secara nasional," kata Darsono saat ditemui di Pelabuhan SBP, Senin siang.

BNN menargetkan seluruh awak kapal secara keseluruhan bisa dicek urine. Jika nantinya ada temuan positif menggunakan narkoba, maka BNN akan memproses secara hukum.

"Kami kerjasama dengan KSOP Tanjungpinang dan Polres Tanjungpinang, jika ada yang positif kami menyarankan untuk dilarang berangkat dan akan mengikuti rehabilitasi," tegasnya.

Tes urine ini, kata Darsono, tak hanya menyasar kru angkutan laut namun juga kru angkutan udara. Dalam kesempatan yang sama, BNN juga menggelar tes urine bagi pilot, ko-pilot dan pramugari di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

"Karena bagaimanapun mereka lah yang akan melakukan perjalanan di udara dan membawa penumpang, ini yang kita antisipasi sampai mereka menggunakan narkoba," ujarnya.

Darsono belum bisa memberitahu hasil sementara tes urine, sebab katanya, kegiatan tes urine masih berlangsung.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews