Keterlaluan, SMAN 1 dan 3 Banjir Titipan Siswa Baru, 4 SMA Negeri Ini Malah Kosong

Keterlaluan, SMAN 1 dan 3 Banjir Titipan Siswa Baru, 4 SMA Negeri Ini Malah Kosong

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Di tengah kehebohan membludaknya siswa baru di SMA Negeri 1 Batam dan SMA Negeri 3 Batam, empat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Batam Kepulauan Riau ternyata sepi peminat.

“Bahkan kuota yang terisi hanya 25 persen dari total kapasitas yang disiapkan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin di Batam, Senin (3/8/2015).

Muslim mengatakan empat SMA Negeri yang masih kekurangan siswa yaitu SMA Negeri di Punggur, SMA Negeri di Cipta Asri, SMA Negeri di Legenda dan SMA Negeri di Tunas.

"Saya lupa nama-nama sekolahnya, tapi itulah," kata Kepala Dinas.

Hingga kini, SMA Negeri di Punggur baru terdaftar 35 siswa. Padahal sekolah milik pemerintah itu mampu menampung 120 siswa baru untuk tiga kelas.

Sejumlah guru di SMA itu pun sudah siap mengajar dengan berbagai fasilitas standar sekolah negeri.

Sementara, sejumlah SMA Negeri di kota itu kelebihan siswa. SMAN 1 Batam misalnya, terdaftar 492 siswa, padahal kapasitas murid satu angkatan hanya 216 siswa.

Semestinya, siswa bisa didistribusikan ke seluruh sekolah, sehingga tidak membludak di sekolah tertentu, dan sekolah lainnya kekurangan siswa.

Apalagi, menurut Muslim, lokasi-lokasi sekolah itu masih bisa dilalui siswa, meskipun kecamatannya berbeda, karena usia siswa SMA relatif sudah mandiri.

"Selama masih di dalam kota, masih bisa dijangkau," kata Kepala Dinas seperti dikutip antara.

Sementara itu, saat dimintai keterangan mengenai membludaknya siswa SMAN 1 Batam dan SMAN 3 Batam, Muslim menolak untuk menjelaskan.

"Saya no comment," kata dia.

Sementara itu, pihak SMAN 1 Batam menerima 492 siswa baru dalam tahun ajaran 2015-2016. Padahal jumlah siswa yang lolos Penerimaan Siswa Baru dalam jaringan hanya 216 siswa.

Diduga, 276 siswa lainnya masuk melalui jalur khusus, titipan pejabat tertentu yang ingin anaknya mengecap pendidikan di sekolah unggulan.

Namun, hal itu dibantah Wakil Wali Kota Batam Rudi, yang mengatakan tidak ada siswa "titipan".

"Saya tidak tahu itu," kata Wakil Wali Kota yang ikut dalam rapat bersama orang tua siswa SMAN 1 Batam.

  

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews