Pemilik Xpander Deklarasikan Berdirinya XMoc Batam-Kepri

Pemilik Xpander Deklarasikan Berdirinya XMoc Batam-Kepri

Deklarasi X-Moc, komunitas pemilik Mitsubishi Xpander di Batam dan Kepri. (Foto: Istimewa)

Batam - Komunitas X-Moc resmi berdiri di Batam. Komunitas untuk pengguna mobil Mitsubishi Xpander ini mendeklarasikan klubnya untuk regional Kepri dan Batam. 

Komunitas yang baru diresmikan di Barelang Seafood Batam dua hari lalu ini, telah memiliki anggota resmi 20 orang. 

Ketua X-Moc Chapter Batam, Opi Irawan mengatakan, awal mula komunitas ini hadir berawal dari pengalamannya yang pernah mengikuti komunitas untuk jenis mobil lainnya. 3

Melihat hadirnya komunitas memiliki banyak manfaat, saat menggunakan mobil keluaran Mitsubishi ini, Opi berinisiatif untuk mencari tahu komunitas mobil tersebut di Batam. 

"Saya coba searching-searching, apakah X-pander telah ada komunitasnya, dan ternyata ada X-MOC lalu dari situ saya lihat latar belakangnya dari facebook dan IG," kata Opi, Senin (9/12/2019)

Berawal dari info di media sosial tersebut, Opi mencoba mendaftarkan diri. Dan bertemu dengan Heriyanto dan Dwi Wahyu Bayu Kuntoro yang saat ini menjabat sebagai Ketua X-Moc Chapter Kepri.  

Mereka mulai merekrut beberapa teman-teman yang memiliki Xpander dan berkeinginan untuk berkomunitas.

"Lalu setelah mendapat ADRT Xmoc dari pusat. Harus dideklarasikan tidak boleh langsung ada, jadi kita adakanlah kegiatan ini sebagai peresmian terbentuknya X-MOC Kepri dan Batam," ujarnya. 

Dengan berdirinya X-Moc diharapkan mampu bermanfaat memperluas jaringan pertemanan. Mempertajam empati atau kepedulian lewat bakti sosial seperti ke panti asuhan, turut membantu korban bencana alam dan kegiatan positif lainnya.

Ketua Pengurus X-Moc Chapter Provinsi Kepulauan Riau, Dwi Wahyu Bayu Kuntoro mengatakan, selain anggota resmi, komunitas ini juga memiliki anggota non resmi yang bergabung di grup facebook lebih dari 50 orang. 

"Kita ini masih baru, jadi mayoritas anggota kita banyak dari Batam, dan kita yakin keanggotaannya akan terus bertambah seiiring waktu," ucapnya. 

Bagi yang bergabung dengan official komunitas, imbuh Bayu akan mendapat keuntungan menambah jejaringan atau relasi lewat silaturahmi dengan anggota-anggota yang ada. 
Menambah ilmu atau pemahaman tentang kendaraan lewat sharing session, dan referensi tentang kendaraan juga akan bertambah, bahkan kadang akan didatangkan teknisi dari Jepang.

Selain itu, dengan bergabung ke komunitas resmi, saat memiliki komplain tentang kendaraan akan menjadi mudah, dan komplain ini akan mudah tersampaikan ke pusat, karena secara legalitas diakui. Bahkan di website resmi perihal komplain juga ada e-formnya, sebagai jalur pengajuan komplain diberikan.

"Seperti produk terbaru Xpander itu banyak masukan resmi dari X-MOC hingga keluaran terbaru ini merupakan hasil dari masukan banyak pihak. Organisasi kita didengar tidak hanya sekadar komunitas belaka. Ada efek berkesinambungan dan terdaftar juga di IMI" terangnya. 

Komunitas ini disebut Bayu sifatnya heterogen dan sukarela, tidak ada unsur keterpaksaan. Setiap tahun juga komunitas ini akan mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) pemilihan ketua baru dan juga jambore nasional, dengan ketua umum Indonesia saat ini Dani Bastian. 

"Untuk even ke depannya kita selain sering mengadakan kopdar juga bakti sosial dan kedepannya juga akan mengadakan touring ke luar Batam, pengennya ke Batam-Bintan," tuturnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews