Pembahasan APBD Tak Libatkan Komisi, Sui Hiok Minta RKA Diserahkan

Pembahasan APBD Tak Libatkan Komisi, Sui Hiok Minta RKA Diserahkan

Anggota DPRD Lingga, Sui Hiok (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lingga, Sui Hiok meminta agar dokumen Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020, segera diserahkan kepada Anggota DPRD Lingga setelah di evaluasi oleh provinsi.

Menurut Sui Hiok, RKA tersebut sangat penting bagi Anggota DPRD yang khususnya tidak masuk dalam badan anggaran (Banggar). Pasalnya, kata dia pembahasan APBD tahun 2020 di Lingga berjalan sistem tersendiri tanpa melibatkan komisi-komisi.

"Ini berbeda dengan DPRD provinsi dan kabupaten/kota lainnya di Kepri. Mereka hampir semua pembahasan melibatkan komisi-komisi," sebutnya kepada Batamnews, Kamis (5/12/2019).

Berkaca dari hal itu, ia pun meminta RKA APBD 2020 tersebut jika sudah siap di evaluasi gubernur. "Nanti Bapenda yang merekapnya. Jika sudah di evaluasi, segera dikasihkan ke DPRD supaya kita dapat mengawasi jalannya APBD melalui RKA tersebut," ujarnya.

Sui Hiok mengaku bingung ketika pihaknya tak dilibatkan dalam pembahasan tersebut. Menurutnya, dengan kondisi demikian apa saja program yang dilaksanakan mitra OPD masing-masing komisi tidak diketahui.

"Kalau tanpa RKA APBD, apa yang mau kita awasi? Pembahasan bersama OPD hanya 4 hari saja. Coba bayangkan begitu banyak OPD dengan programnya masing-masing, apakah bisa maksimal? Saya yakin APBD tahun 2020 banyak tidak tepat," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews