BMKG: Lingga Berpotensi Diguyur Hujan Beberapa Hari Kedepan

BMKG: Lingga Berpotensi Diguyur Hujan Beberapa Hari Kedepan

Hujan deras (Foto:Batamnews)

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, memprakirakan bahwa Kabupaten Lingga, berpotensi akan diguyur hujan hingga beberapa hari kedepan.

Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Maulu Pasaribu mengatakan, hal ini terjadi karena adanya Thypoon Kammuri di sekitar wilayah Filipina yang menyebabkan adanya penumpukkan massa udara di wilayah Kepulauan Riau termasuk Kabupaten Lingga yang menambah peluang pembentukan awan-awan hujan.

"Secara umum kondisi cuaca tiga hari kedepan berawan tebal. Angin bertiup dari Barat Laut 05-30 km/jm. Diprakirakan berpeluang terjadi hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata dia kepada Batamnews, Rabu (4/12/2019).

Ia menjelaskan, selain berpeluang terjadinya hujan lokal, pada kondisi demikian juga berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat pada pagi dan siang hari di wilayah Lingga dan Dabo Singkep.

"Kalau untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi," pungkasnya.

Adapun tinggi gelombang di perairan Kepuluan Lingga saat ini yaitu, 0,2-2,0 meter. Angin bergerak dari arah Utara-Timur, dengan kecepatan 5-25 km/jm. Sedangkan arus permukaan menuju Tenggara
05-30 cm/dtk.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews