Bawaslu Bintan Buka Lowongan untuk Panwascam

Bawaslu.

Bintan - Bagi warga Kabupaten Bintan yang ingin berpartisipasi langsung mengawasi jalannya proses Pilkada 2020 mendatang bisa mendaftrkan diri untuk mengikuti pemilihan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bintan, Febriadinata mengatakan pihaknya akan merekrut 30 orang untuk ditempatkan sebagai pengawasan pemilu di seluruh kecamatan atau panwascam.

"Merekalah yang memiliki tugas mengawasi tahapan demi tahapan pada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun depan di masing-masing kecamatan," ujar Febri, Sabtu (9/11/2019).

30 orang yang direkrut untuk ditempatkan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan. Setiap kecamatan akan diisi oleh 3 orang yaitu 1 orang ketua dan 2 orang komisioner. Pendaftaran akan dibuka dari 27 November - 3 Desember 2019.

"Syarat utamanya memiliki KTP Bintan, Surat Kesehatan dan SKCK. Namun secara teknisnya akan kita umumkan nanti karena saat ini masih tahap sosialisasi," katanya.

Setelah berkas pendaftar diterima oleh Bawaslu Bintan, kata Febri, tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi. Kemudian dilaksanakan tes tertulis dan dilanjutkan dengan wawancara.

Usai menjalankan tahapan semua itu, pihaknya akan mengumumkan peserta yan masuk 6 besar. Lalu masyarakat diberikan hak agara proaktif untuk memberikan informasi terkait latar belakang para calon panwascam tersebut.

Karena akan dijadikan sebagai bahan untuk lembaganya dalam menilai kelayakan calon dimaksud. Setelah smuanya dapat dipastikan, maka 20-21 Desember akan dilantik panwascam terpilih.

"Bagi yang mengetahui peserta atau calon panwascam yang merupakan partisipan parpol, punya track record jelek ketika menjabat sebagai penyelenggara ataupun ketika bermasyarakat segera laporkan ke Bawaslu. Karena masyarakat ikut andil menilai sosok yang tepat menduduki panwascam," ucapnya.

 

(ary)
SHARE US :
Komentar Via Facebook :