https://www.batamnews.co.id

Bawaslu Lingga Buka Rekrutmen Anggota Panwascam Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lingga, akan melakukan rekrutmen anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang. Rekrutmen ini dilakukan secara terbuka untuk seluruh masyarakat Negeri Bunda Tanah Melayu.

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni mengatakan, pengumuman rekrutmen Panwascam tersebut akan mulai dilakukan pada awal November ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.

"Nantinya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dibentuk pada Januari 2020, sehingga Panwascam harus segera dibentuk guna melakukan pengawasan. Makanya di bulan ini kita umumkan soal rekrutmen Panwascam," kata dia kepada Batamnews, Senin (4/11/2019).

Dengan demikian, ia memanggil dan mengajak sahabat Bawaslu yang ada di Kabupaten Lingga untuk segera mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi. Kemudian untuk syarat detailnya, kata Zamroni akan diumumkan setelah didapatkannya edaran dari Bawaslu RI.

"Iya awal November ini akan kita umumkan agar masyarakat yang berminat bisa siap-siap. Untuk timeline atau jadwal resmi, kita tunggu juknis dari Bawaslu RI," ujarnya.

Ia menjelaskan, nantinya masing-masing kecamatan akan diterima sebanyak 3 anggota Panwascam. Artinya, untuk satu kabupaten akan diterima sebanyak 39 orang. Jika tak ada kendala, maka pada Desember mendatang, setelah dilakukannya seleksi, calon anggota Panwascam ini akan dilantik.

"Kami berharap masyarakat Kabupaten Lingga bisa ikut berpartisipasi dalam proses seleksi Panwascam ini, agar mendapatkan calon-calon pengawal demokrasi yang berkompeten. Sehingga dapat sama-sama menjaga dan mengawasi Pilkada Lingga tahun 2020 ini sebagai pesta demokrasi yang berintegritas," pungkasnya.

(ruz)