Bripka Samson Sisihkan Uang Gaji Beli Ambulans untuk Warga

Bripka Samson Sisihkan Uang Gaji Beli Ambulans untuk Warga

Bripka Samson menyerahkan mobil ambulans kepada Lurah Darussalam dengan disaksikan Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat, Camat Meral Monalisa dan sejumlah tamu yang hadir (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun -  Bripka Samson Tarigan, seorang personel kepolisian yang berdinas di Polsek Meral, Polres Karimun, dan bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, menyerahkan satu unit mobil ambulans untuk warga Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat.

Pemberian ambulans gratis tersebut merupakan inovasi Samson untuk kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut ia lakukan lantaran jauhnya akses masyarakat untuk berobat.

Ia yang sudah bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Darussalam sejak tahun 2016 tersebut, tahu betul seluk beluk dan masalah yang dihadapi warga setempat. Maka ambulans itu akan dioperasionalkan untuk daerah binaannya secara gratis, guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Ambulans gratis ini akan dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar. Karena disini jauh dari pusat kota, sehingga apabila ada masyarakat sakit akan mempermudah mereka," kata Samson ketika ditemui usai acara penyerahan ambulancs gratis di Kantor Lurah Darussalam, Rabu (6/11/2019).

Ia menjelaskan, mobil ambulancs gratis itu dibeli dengan menyisihkan uang gaji dan bonus yang ia dapatkan selama tiga bulan terakhir. Mobil itu ia beli secara kredit seharga Rp 20 juta dari seorang warga Kecamatan Meral.

Mobil itu kemudian dimodifikasi seperti ambulans dan diberikan fasilitas pendukung seperti tandu, kursi roda serta tongkat.

"Saya kredit dengan menyisihkan uang gaji tiga bulan terakhir ini, terkadang bayar Rp 2 juta dulu, terkadang juga Rp 5 juta. Selain mobil juga ada alat bantu seperti kursi roda, tandu, dan tongkat hasil sumbangan dari Kapolsek dan masyarakat lain," katanya.

Kapolres Karimun menyampaikan apresiasinya terhadap program binaan yang dilakukan oleh Bripka Samson (Foto:Edo/Batamnews)

Ide memberikan ambulans untuk kebutuhan masyarakat tersebut, karena dirinya kerap kali melihat kondisi masyarakat yang kesulitan untuk pergi berobat ke puskesmas atau rumah sakit. 

"Saya mengingat pesan bapak sebelum meninggal, untuk menjadi Bhabinkamtibmas itu harus berbuat baik dan dekat dengan masyarakat. Setidaknya walaupun saya tidak disini lagi, ambulancs ini bisa bermanfaat untuk masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto mengapresiasi program yang dibuat oleh anggotanya tersebut. Ia mengaku bangga atas apa yang telah dibuat Bripka Samson untuk mengayomi masyarakat binaannya.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Bripka Samson. Dengan bantuan ini tentunya kehadiran Polri dapat dirasakan masyarakat dan bisa memberikan manfaat serta kontribusi terbaik untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Kemudian, Yos Guntur juga menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh Bripka Samson itu dilakukan dengan tulus dan ikhlas dengan didasar pribadi yang membangun. "Jangan lihat harganya, tapi lihat manfaat dan kegunaannya," kata Yos Guntur.

Ia berharap, apa yang telah dilakukan oleh Bripka Samson dapat menjadi contoh untuk anggota Polri lainnya terkhusus di lingkungan kerja Polres Karimun. "Ini dapat menjadi contoh bagi anggota Polres Karimun yang lain untuk sama-sama peduli sesama kita," katanya.

Ambulans gratis untuk warga itu secara resmi diserahkan kepada Kelurahan Darussalam dalam pengelolaannya. Penyerahan tersebut langsung dilakukan Bripka Samson kepada Lurah Darussalam dengan disaksikan Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Ketua DPRD Karimun Muhammad Yusuf Sirat, Camat Meral Monalisa dan sejumlah tamu yang hadir.

Pria yang telah 3 tahun bertugas sebagai Bhabinkamtibmas itu, telah banyak mencatat prestasi dengan program-program yang diciptakannya untuk masyarakat. Salah satunya program perpustakaan keliling yang berhasil mendapatkan penghargaan langsung dari Kapolri pada tahun 2019. Kemudian, memberikan celengan kepada anak-anak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews