Perahu Pancung Menyelusup Bawa TKI Ilegal Bersama Narkoba dari Malaysia

Perahu Pancung Menyelusup Bawa TKI Ilegal Bersama Narkoba dari Malaysia

Para TKI Ilegal pulang menyelusup ke Karimun dari Malaysia diamankan TNI AL Karimun. (Foto: Lanal TBK)

Karimun - Tim Patroli Posal Takong Hiu, Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK), mengamankan Perahu Pancung yang mengangkut 15 orang TKI ilegal. Dua orang diantanya merupakan anak-anak.

Perahu Pancung bermesin yamaha 2x40 PK itu dicegat di Perairan Pulau Asam, Teluk Setimbul pada posisi Koordinat 1°11'27 N" 103°21'07 E, Kamis (03/07/2019) malam.

Penangkapan dilakukan setelah adanya informasi intelijen, bahwa akan adanya perahu TKI Ilegal yang akan melewati Pulau Asam. Perahu tersebut berasal dari Malaysia dengan tujuan Tanjung Balai Karimun.

 Mendapat informasi tersebut, Lanal TBK langsung bergerak cepat dengan menerjunkan Tim Patroli Posal Takong Hiu untuk melakukan patroli di perairan Pulau Asam.

"Setelah melihat adanya tanda-tanda dan mendeteksi suara boat, Tim patroli langsung melaksanakan prosedur pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan, dilanjutkan dengan pemeriksaan dan penggeledehan," kata Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata speed boat tersebut mengangkut TKI ilegal. Diantaranya 11 orang orang dewasa dan dua anak-anak, serta satu nakhoda inisial As dan satu ABK.

"Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 2 paket kecil ganja, dan bungkus rokok berisikan 1 buah paket kecil sabu-sabu," ujar Danlanal.

Menurut Komandan Lanal TBK, perbuatan tersebut telah terbukti melanggar UU No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dan UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Saat ini perahu pancung tersebut telah diamankan di Dermaga Mako Lanal Tanjungbalai Karimun untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

(aha)