Sudah 119 Orang Anggota KPPS yang Meninggal Dunia

Sudah 119 Orang Anggota KPPS yang Meninggal Dunia

Ilustrasi.

Jakarta - KPU kembali mengupdate data petugas KPU tingkat TPS atau KPPS yang meninggal dalam melaksanakan tugas saat pemungutan suara. Hingga sore ini datanya bertambah menjadi 119 orang meninggal dunia. 

"Berdasarkan data yang kami himpun hingga pukul 16.30 WIB, petugas kami yang mengalami kedukaan 119 meninggal dunia," kata Komisioner KPU Viryan Azis dilansir kumparan, Selasa (23/4/2019).

KPU mengungkapkan total ada 667 petugas KPPS yang terkena musibah baik meninggal maupun sakit. Sementara untuk petugas yang sakit, tercatat mencapai 548 orang dan tersebar di 25 provinsi. 

Baca: Petugas KPPS Tewas Diseruduk Babi Usai Antar Kotak Suara

Terkait hal ini, KPU sudah melakukan pertemuan dengan Kementerian Keuangan untuk membahas mengenai santunan kepada petugas KPPS yang meninggal maupun sakit. Kemenkeu menyatakan akan memberikan santunan kepada KPPS yang mengalami musibah.

"Kemenkeu kan sudah memberikan dukungan pernyataan akan memberikan santunan dan kami apresiasi sudah ada beberapa pemprov yang akan berikan santunan," ucap Viryan.

Namun mengenai teknis pemberian santunan, KPU masih belum bisa mengungkapkan rinciannya. KPU berharap agar petugas KPPS yang menjadi korban tidak kembali bertambah. 

"Itu nanti urusan teknis keuangan. Tapi prinsipnya ini jadi prioritas dan KPU apresiasi Kemenkeu berikan dukungan. Saat ini sedang ada rekapitulasi di tingkat kecamatan dan kami harap korban tidak  terus berjatuhan rekan-rekan kami," ujar Viryan. 

"Kami ucapkan thank you kepada Kemenkeu yang mendukung santunan atau layanan kesehatan kepada jajaran kami di kecamatan," tutup Viryan.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews